Take a fresh look at your lifestyle.

Pordiga Kota Pekalongan Gelar Kejurprov Aeromodelling

295

 

PEKALONGAN – Perkumpulan Olahraga Dirgantara (Pordiga) Kota Pekalongan mulai tanggal 13 -15 desember mengggelar kejuaraan provinsi (Kejurprov) Jawa Tengah di lapangan Watussalam, Buaran, Kabupaten Pekalongan. Total secara keseluruhan yang menjadi peserta sekitar 100 atlet dari 16 kota dan kabupaten yang ada di Jateng. Sedangkan tuan rumah Kota Pekalongan menurunkan 12 atlet yang bertanding di sejumlah nomor atau kategori.
Di antaranya free flight Ohlg usia 12 putri dan Ohlg usia 18 putra. Kemudian kategori lainnya adalah Ohlg usia 18 putri, Ohlg umum putra serta remot kontrol Pylon race.
”Tujuan kami menggelar event ini dalam rangka mengenalkan olahraga aeromodelling ke masyarakat Kota Pekalongan dan sekitarnya,” ujar Ketua Pordiga Aeromodelling Kota Batik, Edi Mansyur yang juga ketua pantia kegiatan tersebut.
Cabang olahraga inii memaang boleh dibilang masih awam bagi masyarakat di daerahnya. Hanya sedikit yang mengenalnya lantaran aeromodelling merupakan kegiatan yang mempergunakan sarana miniatur (model) pesawat terbang untuk tujuan rekreasi, edukasi dan olahraga. Dengan demikian, hanya digemari oleh peminat ilmu pengetahuan dan teknologi secara perorangan ataupun yang tergabung dalam organisasi sosial kemasyarakatan.
Khususnya di Kota Pekalongan, para pengurus Pordiga awalnya hanya sekadar hobi dan keberadaannya sekitar dua tahun lamanya. Selama masih menjadi penghobi, dia dan rekan pengurus lainnya juga sering mengikuti kejuaraan aeromodelling ke luar kota karena di daerahnya tak ada kegiatan tersebut. Setelah mulai berkembang dan beberapa daerah telah membentuk induk olahraganya, dia berkeinginan membentuk.
”Kami lalu berkumpul dan sepakat membentuk Pordiga dan mengurusnya ke Pengrpov Jateng. Alhamdulillah dua bulan kemarin SK sudah turun, lalu menghadap ke KONI Kota Pekalongan untuk menjadi anggotanya,” kata Edi.
Pembentukan Pordiga ini sangat tepat mengingat Oktober tahun depan Kota Pekalongan menjadi tuan rumah Porwil Dulongmas dan olahraga ini salah satu yang dipertandingkan. Makanya sebelum menghadapi event tersebut, pihaknya bekerjasama dengan Pengprov Pordiga Jawa Tengah menyelenggarakan kejuaraan yang diikuti semua Pordiga yang ada di provinsi ini. Harapannya, ajang ini dijadikan bekal serta pantauan terhadap kwalitas semua atlet yang ikut dalam kejuaraan tersebut.
”Kami optimis, dari semua nomor yang dipertandingkan, atlet Kota Pekalongan bisa menyabet medali yang disediakan, khususnya emas,” paparnya.
Selanjutnya dijelaskan, ke depannya Pordiga aeromodelling Kota Pekalongan akan lebih mengenalkan olahraga ini ke sekolah-sekolah dan harapannya bisa menjadi salah satu kurikulum dan pelajaran. Untuk itu, perlu kerjasama dengan pihak terkait seperti KONI, Dinas Pendidikan, dan Parbudpora supaya agenda ini dapat terealisasikan dengan baik. (Moch Achid Nugroho/R8 )

BERITA LAINNYA