Take a fresh look at your lifestyle.

Polri dan TNI Bersinergi Latihan SAR

117

SURADADI – Jajaran Polres Tegal dan Kodim 0712/ Tegal bersinergi menggelar latihan SAR di Obyek Wisata Pantai Purwahamba Indah (Purin) Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Rabu (3/3). Latihan gabung itu dilakukan untuk mengantisipasi bencana banjir di musim penghujan tahun ini.

Kegiatan itu dibuka oleh Kapolres Tegal AKBP M Iqbal Simatupang SIK dan Kasdim O712/ Tegal Mayor Cba Eko budi sarjono. Selain itu, juga hadir Komandan Pangkalan TNI AL Tegal, Letkol Marinir Ridwan Azis.

Kegiatan yang diawali apel bersama, dilanjutkan dengan simulasi penanganan korban banjir. Penanganan korban banjir diawali dari informasi masyarakat yang dilanjutkan dengan evakuasi korban dengan menggunakan perahu karet. Simulasi juga menggunakan pelampung remot yang menjangkau tempat-tempat sulit. Usai evaluasi dilakukan simulasi penanganan korban banjir yang tidak sadarkan diri, dan penyelamatan korban banjir lainnya.

Kapolres Tegal AKBP M Iqbal Simatupang mengatakan, kegiatan pelatihan SAR wujud sinergitas TNI dan Polri. Upaya itu dilakukan dalam rangka mengantisipasi bencana banjir, karena curah hujan masih tinggi.

“Nanti apabila terjadi bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan lain, kita sudah siap,” katanya.

Menurut dia, latihan SAR juga melatih para anggota dalam memahami tugasnya saat di lapangan. Ia berharap upaya latihan gabung itu, meminimalisir kesalahan pada saat upaya-upaya penyelamatan. Hari ini, materi yang diberikan mengenai penyelamatan korban di air.

“Bagaimana cara penyelamatan bareng-bareng dengan rekan TNI,” terangnya.

Peralatan SAR yang dimiliki Polri dan TNI, lanjut dia, dinilai telah memadai. Saat ini, peralatan yang digunakan untuk simulasi hanya sebagian yang dimiliki. Peralatan lain sudah tersimpan di kantor masing-masing dalam kondisi yang sudah siap pakai.

“Kita tidak berharap ada bencana di Kabupaten Tegal. Namun, karena curah hujan tinggi seperti saat ini, maka harus diantisipasi. Kita sudah siap, termasuk dari Pemkab juga sudah siap untuk mengantisipasi,” ujarnya.

BERITA LAINNYA