Take a fresh look at your lifestyle.

Polres Tegal Luncurkan Sistem Elektronik Reminder, SIM, STNK dan Tilang

- HUT Ke-66 Lalu Lintas

35

SLAWI, smpantura.com – Polres Tegal menggelar tasyakuran sekaligus meluncurkan program unggulan dibidang Lalu lintas yang bernama sistem elektronik reminder SIM, STNK dan Tilang (EMISIST), Kamis (23/9).

Acara yang dilaksanakan dalam rangka HUT ke- 66 Lalu Lintas itu dihadiri Kapolres Tegal AKBP Arie Prasetya Syafa’at, Bupati Tegal Dra Umi Azizah, Dandim 0712 Tegal diwakili Pasi Intel, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Jasa Raharja, serta seluruh pejabat utama Polres Tegal.

Dalam sambutannya Bupati Tegal menyampaikan apresiasi atas inovasi yang dilakukan oleh Kapolres Tegal. Diluncurkannya Emisist ini sebagai bagian dari inovasi pelayanan publik yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Kabupaten Tegal dalam mengakses layanan SIM, STNK dan juga pembayaran denda tilang secara elektronik yang ini semakin meningkatkan serta menguatkan citra kepolisian yang Promoter, profesional, modern dan terpercaya, sekaligus membantu mengurangi interaksi fisik antar warga pemohon di tengah situasi pandemi ini karena semuanya dilakukan secara elektronik. “Inovasi ini lebih mengedepankan rasa kasih sayang dari Kapolres Tegal kepada warga masyarakat dimasa pandemi Covid-19 sekarang ini,”tuturnya.

Umi menegaskan, membangun perilaku tertib masyarakat dalam berlalu-lintas adalah sebuah upaya besar membangun budaya dan peradaban sebuah bangsa yang ini tidak mudah karena selain memerlukan proses internalisasi nilai-nilai kedisiplinan sedari dini yang ditanamkan melalui jalur pendidikan, soal penegakan aturan serta hukuman disiplin dalam berlalu-lintas pun kiranya juga harus seimbang.

Sementara itu Kapolres Tegal dalam sambutannya menuturkan bahwa inovasi Emisist ini bertujuan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat dibidang pelayanan SIM, STNK dan tilang.

“Caranya cukup mudah, kita hanya perlu mengunjungi website menggunakan web browser pada ponsel di alamat reminder.polrestegal.id kemudian mengisi data diri kita untuk mendaftar pada sistem. Kita akan menerima pesan konfirmasi melalui whatsapp bila sudah terdaftar pada sistem digital Emisist Polres Tegal,”jelas Arie.

Menurut Arie, sistem akan mengingatkan secara otomatis 1 bulan, 1 minggu dan hari H masa berlaku SIM habis atau jatuh tempo pengesahan STNK.*

(T04-red)

BERITA LAINNYA