Take a fresh look at your lifestyle.

Polres Tegal Lakukan Tes Antigen di Rest Area Tangguh

Sasar Pengguna Jalan dari Luar Kota

184

ADIWERNA,smpantura.com – Polres Tegal kembali melakukan razia masker dan pemeriksaan rapid test antigen kepada sejumlah pengguna jalan yang melintas di rest area KM 275 A Penarukan, Adiwerna, Kabupaten Tegal, Sabtu (17/4).

Dalam kegiatan tersebut, tim gabungan dari Satlantas Polres Tegal bersama Satuan Sabhara, TNI dan Satpol PP mengecek kendaraan dari luar kota yang melintas di salah satu rest area tangguh tersebut.
Selain memeriksa pemakaian masker, dalam razia itu pengguna jalan diimbau untuk tidak mudik dan diingatkan tetap mematuhi protokol kesehatan 5 M di setiap aktivitasnya. Seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghidari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Imbauan ini sebagai upaya mencegah penularan dan penyebaran Covid-19.

Dalam kegiatan itu, secara acak juga dilakukan pemeriksaan rapid test antigen Covid-19 bagi pengguna jalan yang belum memiliki surat jalan. Rapid test antigen diberikan secara gratis.

Pengguna jalan cukup menunggu sekitar 15 menit untuk mengetahui hasil pemeriksaan yang dilakukan petugas dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polres Tegal. Setelah mengikuti pemeriksaan, masing-masing mendapat surat jalan dan bebas Covid-19 yang berlaku tujuh hari.
“Kita melaksanakan rapid test antigen khusus kepada pengunjung dan pengemudi khususnya dari luar kota yang belum memiliki surat jalan. Dari lima orang yang dites tadi, hasilnya menunjukan negatif,”jelas Kasat Lantas Polres Tegal AKP Dwi Himawan Chandra.

Kegiatan tersebut,kata Himawan merupakan rangkaian kegiatan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi (OKLLC) 2021 yang dilaksanakan di Pos Lantas Tangguh dan rest area tangguh, dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menerapkan protokol kesehatan di setiap aktivitas yang dilakukan menjelang Idul Fitri.
Himawan menyebutkan, di Kabupaten Tegal terdapat empat rest area tangguh, yakni rest area KM 275 A, KM 287 A, KM 294 B dan KM 282 B.

Sementara itu, salah seorang pengguna jalan, Wahyu Nugroho (20) mengaku senang mendapat kesempatan mengikuti rapid test antigen saat dirinya melintas di rest area KM 275 A tersebut.
Wahyu menyebutkan, keluarganya melakukan perjalanan dari Bekasi ke Surabaya. Dengan surat jalan yang diberikan Polres Tegal, dengan hasil tes negatif Covid-19, dirinya lebih tenang dalam perjalanan.
“Hasil pemeriksaan rapid test antigen negatif. Lebih tenang saja melakukan perjalanan,”tuturnya.
(T04-Red)

BERITA LAINNYA