Take a fresh look at your lifestyle.

Polres Tegal Lakukan Simulasi Penanganan Jenazah Pasien Covid-19

124

SLAWI-Polres Tegal melatih sejumlah personelnya  penanganan jenazah pasien virus Korona dalam upaya mengantisipasi penelantaran dan penolakan pemakaman jenazah pasien Covid-19.

Personel  Polres Tegal dilatih cara  mengurus hingga memakamkan jenazah pasien  Covid-19. Kegiatan simulasi dilaksanakan di Lapangan Asrama Polisi Kalibliruk, Slawi, Senin (20/4) pagi.

Kapolres Tegal AKBP Muhammad Iqbal Simatupang mengatakan, kegiatan simulasi ini digelar untuk melatih personel Polres  Tegal tentang tata cara mengurus jenazah pasien Covid-19.

“Kegiatan simulasi ini juga sebagai antisipasi apabila korban meninggal akibat terpapar virus Covid-19 ditolak pemakamannya  oleh warga,”jelas Iqbal.

Simulasi ini memperagakan berbagai tahapan mulai dari korban meninggal ketika berada di rumah sakit, hingga proses pemakaman secara khusus.

Selain proses yang harus berurutan, tenaga pemulasaran harus menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap. Selain tahapan pemulasaran, simulasi itu sekaligus mengedukasi tentang tata cara penggunaan APD dengan benar. Seperti baju hazmat, pelindung wajah (face shield), sepatu karet , sarung tangan karet dan masker.

Simulasi ini untuk memudahkan personel  yang terlibat saat menangani jenazah jika terjadi nantinya

“Kita berdoa dan memohon kepada Allah SWT semoga ini hanyalah simulasi dan tidak ada korban jiwa lagi akibat terpapar virus Covid-19,”ungkap  Kapolres.(Sari/Red-06)

 

 

BERITA LAINNYA