Take a fresh look at your lifestyle.

Polres Tegal Kota Tes Urine Staf dan PL

163
  • Sosialisasi dan Cegah Peredaran Narkoba

TEGAL – Operasi Antik Candi 2019 yang digelar Polres Tegal Kota, tak hanya mengincar target pengungkapan kasus peredaran narkoba di wilayah hukumnya. Tapi diiringi pula dengan kegiatan sosialisasi dan upaya pencegahannya.

Salah satunya dengan mendatangi tempat usaha karaoke dan diskotik. Personel aparat kepolisian dibantu Paur Dokkes, mengelar tes urine terhadap karyawan atau staf, serta para pemandu lagu (PL).”Ya seperti saat kami mendatangi tempat karaoke Paradiso Karaoke and  Launge. Staf dan para pemandu lagu, di tes urine. Hasilnya negatif. Artinya tidak ada yang terindikasi menggunakan obat-obatan terlarang atau Narkoba Golongan I seperti sabu,” terang Kabag Ops Kompol Mandala didampingi Kasat Binmas AKP Tri Supriyadi dan Paur Dokkes dokter Heny Ismaiwati.

Berdasarkan catatannya, jumlah yang mengikuti tes urine di tempat karaoke sebanyak 42 orang. Terdiri atas staf dan PL. Kegiatan awal yang dilakukan, Selasa (6/8), berlangsung lancar dan aman. Artinya tidak ada staf dan PL yang menolak dilakukan tes urine.

Kompol Mandala SH mengatakan, untuk mengetahui indikasi atau dugaan pemakaian narkoba, tes urine dilakukan secara mendadak. Hal itu akan menghasilkan kondisi riil atau kenyataan sebenarnya. Tanpa rekayasa apa pun.  Berkait dengan kegiatan tes urine bersama Sat Binmas dan Paur Dokkes jajarannya, selain dilakukan secara mendadak, juga bergiliran di tempat hiburan malam lainnya, yang ada PL-nya. Pihaknya selain mengelar kegiatan tersebut, juga berdialog dengan pimpinan usaha, staf dan PL. Hal itu merupakan bagian dari sosialisasi kepada mereka agar mengenali, memahami dan menolak keberadaan berbagai jenis narkoba. ”Kami kenalkan berbagai jenis Narkotika Golongan I. Selanjutnya kami sampaikan pula dampak buruk akibat mengonsumsi barang terlarang ini. Antara lain, selain dapat merusak kesehatan tubuh, juga ancaman hukumannya sangat berat. Ini bila ada yang tertangkap mengonsumsi atau mengedarkannya,” tandas dia.

Karena itulah dalam sosialisasi, pihaknya juga mengajak pengelola hiburan malam dan pekerjanya untuk bersama-sama membantu mencegah peredaran berbagai jenis narkoba di Kota Tegal.
Antara lain, kata dia, dengan cepat melaporkan bila ada informasi transaksi narkoba atau akan terjadi transaksi barang terlarang tersebut. Bahkan secara khusus, pihaknya juga mengajak masyarakat luas untuk bersama-sama mencegah peredaran narkoba di Kota Tegal.

(Rio Toepra/ Red2)

BERITA LAINNYA