Take a fresh look at your lifestyle.

Polres Tegal Kota Terus Perkuat Komunikasi Dengan Warga

* Luncurkan Program ''Si Teko", Utamakan Silaturahim dan Dialog

131

TEGAL – Program perpolisian masyarakat (Polmas) yang digulirkan Polres Tegal Kota, kini telah dipoles lebih menarik lagi. Antara lain, dengan terus memperkuat komunikasi maupun dialog dengan warga.

Hal itu terungkap ketika Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSi meluncurkan program bernama ”Si Teko”, di Pendopo Kecamatan Tegal Timur, Jumat (14/2). Arti dari nama program tersebut adalah, ”Polisi Tegal Kota”.

”Jadi nanti kami secara bergiliran di 27 kelurahan yang tersebar di empat kecamatan di Kota Tegal, akan menemui warga dalam rangka silaturahim.

Berdialog apa saja untuk membicarakan bagaimana salusi persoalan yang harus ditindaklanjuti,” terang Kapolres Tegal Kota.

Saat meluncurkan program itu, kapolres didampingi Wakapolres Kompol Joko Wicaksono SSTPi, Kabag Sumda Kompol Siti Murbani, para kabag lainnya, kasat dan Kapolsek Tegal Timu Kompol Agus Endro Wibowo.

Kegiatan tersebut selain dihadiri pejabat Pemkot Tegal dan Camat Tegal Timur Zaenal Ali Mukti SIP, Kepala Samsat Tegal, instansi terkait serta ratusan warga, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

PAKET SEMBAKO : Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSi saat peluncuran Program ”Si Teko”, juga membagikan paket sembako ke ratusan warga kurang mampu dan lansia.(Foto : smpantura.com/Riyono Toepra-red07)

Selain mengajak berdialog, kapolres juga membagikan ratusan paket sembako untuk warga yang layak dibantu, lansia dan kurang mampu.

Silaturahim dan Dialog

Kapolres mengungkapkan, program komunikasi untuk lebih mendekatkan diri dengan warga dilakukan dengan cara, mengutamakan kegiatan silaturahim dan dialog dalam berbagai kesempatan.

Pada tahap awal, memang dirinya yang akan mengenalkan program tersebut ke masyarakat. Tapi tindaklanjut kemudian, akan lebih banyak mengandalkan peran Sat Binmas dan 27 personel Bhabinkamtibmas yang tersebar di seluruh wilayah kelurahan di Kota Tegal.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres juga menginformasikan jajarannya sudah mendeklarasikan zona integritas dalam rangka membangun wilayah bebas korupsi (WBK).

Itu juga diperkuat dengan keberadaan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM).

Karena itulah, dengan seringnya bersilaturahim dan berdialog dengan warga tentu akan banyak hal yang perlu diselesaikan secara baik dengan warga.

Apa saja pelayanan yang dilakukan kepolisian, yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan.

”Kalau masih ada pungli, jangan segan-segan untuk menyampaikan lewat call centre di Mapolres Tegal Kota, atau langsung ke saya. Tapi infonya harus valid ya. Ini agar mudah menindaklanjutinya,” ucap dia.

Camat Tegal Timur Zaenal Ali Mukti mengatakan, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono sangat mendukung zona integritas wilayah bebas dari korupsi yang dideklarasikan Polres Tegal Kota, pekan lalu.

”Sekarang ada program Si Teko, salah satu tujuannya untuk menjalin komunikasi lebih erat lagi antara polisi dan warga. Kami sangat mendukung program ini. Sebab peran polisi di tengah-tengah masyarakat sangat penting demi terciptanya Kamtibmas yang lebih aman dan kondusif,” terang dia.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA