Take a fresh look at your lifestyle.

Polres Tegal Kota Mulai Tempatkan Personel di Gereja

109

MENYAMBANGI GEREJA : Sejumlah personel gabungan dari Polres Tegal Kota dan Polsek, saat menyambangi gereja di Kota Tegal, guna memantau pengamanan yang dilakukan satpam dan personel yang telah ditempatkan di tempat ibadah itu.(Foto : smpantura.com/Riyono Toepra-red07)

* Antisipasi Gangguan Keamanan Saat Natal

TEGAL – Meski puncak peringatan Natal masih lama, sejak satu pekan terakhir, Polres Tegal Kota sudah mulai menempatkan personelnya di sejumlah gereja yang tersebar di empat wilayah kecamatan.

Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSi, melalui Wakapolres Kompol Joko Wicaksono mengatakan, di tiap gereja kini ada dua personelnya yang disiagakan untuk berjaga.

”Jadi sudah satu pekan terakhir kami tempatkan dua personel di tiap gereja. Nanti ada personel lainnya yang bertugas berpatroli, dan menyambangi personel yang berjaga di gereja, sambil memantau situasi dan kondisi, serta berkoordinasi keamanan,” terang dia.

Pengamanan di tahun-tahun sebelumnya, kata dia, penempatan atau persebaran personelnya dilakukan bertepatan dengan pelaksanaan ”Operasi Lilin Candi”. Tapi tahun ini, dua pekan sebelum dimulai operasi tersebut, pihaknya sudah menempatkan personelnya.

Antisipasi Gangguan

Menurut dia, langkah yang ditempuh sebagai salah satu upaya antisipasi terhadap berbagai gangguan keamanan, yang tiap saat dapat muncul. Pihaknya melakukan hal itu, juga dalam rangka melatih Satpam gereja dalam melakukan tindakan pengamanan.

”Kalau secara teori dan praktik, kami sudah mengumpulkan satpam gereja dalam rangka pelatihan peningkatan kemampuan pengamanan gereja, yang kami lakukan pekan lalu. Sekarang para satpam ini didampingi personel kami berjaga bareng di gereja,” ucap dia.

Bersamaan dengan kegiatan pengamanan tempat ibadah umat Nasrani, pihaknya juga sudah mulai menggelar Operasi Cipta Kondisi. Antara lain, dengan menggelar operasi kepolisian yang ditingkatkan, berupa razia miras dan narkoba, juga kendaraan bermotor.

Tahun-tahun sebelumnya, dari 26 gereja yang ada di Kota Tegal, sebanyak 19 gereja yang memiliki jemaah cukup banyak, menggelar misa khusus Natal, mendapat pengamanan ketat dari aparat gabungan, Kodim 0712, Lanal dan Polres Tegal Kota.

Untuk pengamanan tahun ini, pengamanan dilakukan secara merata. Khusus untuk gereja yang bakal dikunjungi jemaah cukup banyak, dan menggelar acara sampai malam hari, pihaknya juga melakukan pengamanan secara khusus.

Bahkan seperti biasa, satu hari menjelang puncak peringatan Natal, Polres Tegal Kota menerjunkan anjing pelacak bahan peledak dan narkoba, dari Unit K-9 Sat Sabhara, untuk melakukan sterilisasi di gereja.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA