Take a fresh look at your lifestyle.

Polres Tegal Kota Kampanyekan Hidup Bersih dan Sehat

* Bagikan 350 Hand Sanitizer ke Masyarakat

118

TEGAL – Gebrakan menarik digelorakan Polres Tegal Kota, dalam mengampanyekan pola hidup bersih dan sehat. Antara lain, dengan mengajak masyarakat membiasakan diri mencuci tangan.

Kegiatan yang dipusatkan di Pantai Batamsari, Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Jumat (13/3), cukup menarik perhatian masyarakat luas. Mulai dari kalangan pelajar, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), warga sekitar.

SENAM SEHAT : Jajaran personel Polres Tegal Kota dipimpin Kapolres AKBP Siti Rondhijah SSi saat menggelar senam sehat bersama pelajar, pokdarwis dan warga sekitar di Pantai Batamsari, Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Jumat (13/3).(Foto : smpantura.com/Riyono Toepra-red07)

Antara lain, ketika ditampilkan senam sehat cuci tangan yang dilakukan secara serempak mulai dari Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSi, Wakapolres Kompol Joko Wicaksono STPPi, para kabag, kasat, kapolsek dan personel lainnya.

Juga pejabat Forkompimda seperti Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, Kodim 0712, Lanal Tegal, Kejaksaan, dan Pengadilan Negeri, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkot Tegal.

Menurut Kapolres Tegal Kota, pola hidup bersih dan sehat akan saling berkaitan. Bila terbiasa dengan bersih, tentu akan mendukung pola hidup sehat. Dua hal itu, harus menjadi kebiasaan hidup sehari-hari.

Cuci Tangan

Dia menambahkan, untuk memulai sesuatu dengan bersih, tak perlu susah untuk melakukannya. Antara lain, cukup membiasakan diri dengan cuci tangan. Seperti saat akan memasak, setelah memasak, akan makan dan setelah makan dan lain-lain.

Untuk mendukung gerakan hidup bersih dan sehat, dalam kesempatan tersebut Kapolres Tegal Kota membagikan 350 cairan pembersih tangan (Hand Sanitizer) ukuran botol kecil ke masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Dia pun merujuk enam langkah cuci tangan yang benar menurut WHO. Pertama tuang cairan handrub atau hand sanitizer di telapak tangan. Kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.

Langkah kedua, usap dan gosok di kedua punggung tangan secara bergantian. Ketiga, gosok di sela-sela jari tangan hingga bersih.

Keempat, bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci. Langkah kelima, gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian.

Langkah terakhir atau keenam, letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono yang hadir dalam kegiatan tersebut, sangat berterimakasih atas dukungan yang dilakukan jajaran Polres Tegal Kota dalam menggelorakan hidup bersih dan sehat.

Apalagi dirinya sebelumnya juga sudah melakukan hal sama dengan membagikan gratis hand sanitizer ke masyarakat luas.

Juga memerintahkan seluruh fasilitas di toilet jajaran Pemkot Tegal untuk menyediakan cairan pembersih tangan.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA