Take a fresh look at your lifestyle.

Polres Tegal Kota Canangkan Zona Integritas Bebas Korupsi

* Pelayanan Publik Ditata Lebih Baik

167

TEGAL – Gebrakan menarik dan patut diapresiasi positif, dilakukan jajaran Polres Tegal Kota. Karena markas kepolisian tersebut, kini telah mendeklarasikan pencanangan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK).

Pencanangan disaksikan dan didukung unsur forkompimda, tokoh masyarakat, tokoh agama, LSM, jajaran pers dan lapisan masyarakat lainnya.

WUJUD DUKUNGAN : Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono saat menandatangani pakta integritas, sebagai wujud komitmen dan dukungan pembangunan zona integritas menuju tercapainya WBK dan WBBM yang dilakukan Polres Tegal Kota. Ketua DPRD, Dandim 0712, Kajari dan Ketua PN Tegal, secara bergantian, juga membubuhkan tanda tangan serupa.(Foto : smpantura.com/Riyono Toepra-red07)

Bahkan mereka, juga para kabag, kapolsek, kasat, dan kanit, langsung menandatangani pakta integritas.

”Ini sebagai salah satu wujud dukungan, semangat dan komitmen bersama dalam menjalankan program menuju WBK, selaras dengan upaya mewujudkan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) di jajaran kami. Jadi reformasi birokrasi di bidang pelayanan, juga harus dilaksanakan di tingkat bawah seperti di jajaran Polsek, ” terang Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSi.

Dia menyampaikan terimakasih atas dukungan pucuk pimpinan dan jajarannya seperti dari Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, Ketua DPRD, Kajari, Ketua PN Tegal, Dan Lanal, Dandim 0712, MUI, FKUB, tokoh masyarakat, tokoh agama, LSM dan jajaran pers atau media.

Pihaknya pun berharap, demi mewujudkan komitmen menuju dua hal tersebut (WBK dan WBBM), masyarakat luas turut memberikan dukungan secara maksimal. Karena bila itu dapat terwujud, berarti sangat mendukung upaya reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Jadi Tantangan

Kapolres Tegal Kota mengatakan, mewujudkan zona integritas (ZI) atau wilayah itu, menjadi tantangan dirinya dan jajarannya.

Tapi pihaknya cukup optimis dalam menapakinya. Karena di awal deklarasi pencanangannya, mendapat dukungan apresiasi positif dari berbagai pihak.

Rasa optimis juga dikuatkan dengan Keputusan Kapolda Jateng nomor : KEP/III/2020 tanggal 15 Januari 2020. Karena dari 22 Satuan Kerja (Satker) di jajaran Polda Jateng, Polres Tegal Kota merupakan salah satu yang ditunjuk sebagai calon ZI dengan predikat WBK tahun 2020.

Berkait dengan hal itu, Polres Tegal Kota menindaklanjuti dan melakukan upaya dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik, serta menatanya menjadi lebih baik lagi.

Antara lain, dengan melakukan evaluasi terhadap aspek aspek penting dalam pelayanan. Seperti setandar pelayanan, survey kepuasan masyarakat, reward dan punhisment terhadap kinerja personel, sarana prasarana ruang pelayanan pengelolaan pengaduan dan inovasi pelayanan publik.

Kapolres Tegal Kota dan unsur Forkompimda, serta berbagai elemen masyarakat berfoto bersama usai pencanangan zona integritas wilayah bebas dari korupsi.

”Nanti ada penghargaan bagi personel kami yang telah bekerja baik dan hukuman bagi yang nekat melanggarnya. Intinya, dengan adanya upaya pembangunan zona integritas ini, kami akan meningkatkan dan menata pelayanan publik lebih baik lagi,” ucap Kapolres Tegal Kota.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan, upaya bersih-bersih dan penataan birokrasi pelayanan yang dilakukan Polres Tegal Kota, harus didukung semua pihak. Bahkan Pemkot Tegal pun harus bisa lebih baik melakukan hal tersebut.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA