Take a fresh look at your lifestyle.

Polres Tegal Kota Antisipasi Abrasi

144

TANAM POHON : Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSi didampingi Kapolsek Tegal Barat Kompol Sugeng SH MH dan Kapolsek Tegal Selatan Kompol Juharno, saat secara simbolis menanam pohon Cemara Laut, di pinggir Pantai Muarareja.(Foto : smpantura.com/Riyono Toepra-red07)

* Hijaukan Bibir Pantai, Tanam Cemara Laut

TEGAL – Gerakan peduli lingkungan yang digelorakan Polda Jateng, dan peringatan hari lingkungan Hari Lingkungan Hidup, dengan penanaman 1.500, mendapat dukungan penuh warga Kota Tegal.

Hal ditunjukkan dengan aksi jajaran Polres Tegal Kota bersama TNI, dan berbagai elemen masyarakat Kota Bahari, beramai-ramai menanam ratusan pohon di pinggir pantai utara atau Pantura, tepatnya di pinggir Pantai Muarareja, Jumat (10/1).

”Kota Tegal lokasinya di pinggir Pantai Utara atau Laut Jawa, rawan terjadi abrasi. Apalagi sekarang terjangan ombak cukup besar. Kami menyambut baik dan mendukung penuh upaya Polres Tegal Kota bersama TNI dan elemen masyarakat mengantisipasi meluasnya abrasi pantai dengan menanam berbagai jenis pohon di pinggir pantai,” ucap tokoh masyarakat Muarareja, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, H Tambari Gustam.

Menurut dia, dengan banyaknya pohon yang ditanam di pinggir pantai, selain dapat menangkal meluasnya abrasi, juga membuat suasana lingkungan kian hijau, dan sejuk dipandang mata.

Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSi yang memimpin penanaman bibit pohon Cemara Laut, bersama TNI, berterimakasih atas antusiasme masyarakat mendukung kegiatan tersebut.

Menurut dia kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari gerakan ”Polri Peduli Lingkungan”, sekaligus memperingati Hari Gerakan Satu Juta Pohon Tahun 2020. Di sisi lain, juga merupakan bentuk perhatian kepada alam, dan memberikan pencerahan kepada masyarakat agar memperhatikan ekosistem yang ada di lingkungan sekitar.

Bentuk Perhatian

Penanaman pohon tersebut, kata dia, juga merupakan bentuk perhatian dan memberikan masa depan kepada anak dan cucu bangsa.

”Sehingga diharapkan kelak anak cucu kita, dapat menikmati keindahan alam dan ekosistem yang lebih baik,” ucap dia, didampingi Wakapolres Kompol Joko Wicaksono SSTPi, usai secara simbolis mengawali penanaman bibit pohon Cemara Laut di bibir Pantai Muarareja, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal.

Selain menanam bibit pohon jenis itu, juga bibit pohon Trembesi. Selain ditanam di pinggir pantai, juga di sekitar lingkungan dekat lokasi permukiman penduduk di Kelurahan Muarareja.

”Kita ketahui bersama alam kita sudah kehilangan banyak pohon. Oleh karena itu untuk menghijaukan Indonesia dilaksanakan kegiatan penanaman pohon secara serentak. Termasuk di Kota Tegal,” tandas dia, seraya menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan masyarakat Kota Tegal.

Dia mengungkapkan, kegiatan penanaman pohon yang digelar Polres Tegal Kota bersama TNI, juga didukung Dinas Lingkungan Hidup, Pokdarwis, Kader Siaga Tramtib serta Bhayangkari Cabang Tegal Kota.

Bahkan upaya menghijaukan pantai agar tak mudah tergerus abrasi, sudah sering dilakukan. Antara lain, penanaman bibit pohon Mangrove yang dilakukan bersama mahasiswa berbagai perguruan tinggi di Kota Tegal, dan Pokdarwis, di pinggir Pantai Batamsari, Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Senin 28 Oktober 2019.

”Upaya terus menerus ini diharapkan selain dapat menghijaukan pantai dan mengantisipasi keganasan abrasi, juga memberi peningkatan kesadaran masyarakat tentang arti pentingnya penghijauan dengan menanam pohon dan memeliharanya,” ucap dia.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA