Take a fresh look at your lifestyle.

Polres Pekalongan Tanam 5.000 Bibit Mangrove

19

KAJEN – Jajaran Polres Pekalongan kembali menjalankan program bertajuk ”Polda Jateng Mageri Soro” dengan menanam bibit mangrov. Kegiatan yang berlangsung di dua tempat yakni Pantai Depok di Kecamatan Kecamatan Siwalan dan di Pantai Wonokerto, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan, Selasa (12/10) menanam sebanyak 5.000 bibit pohon bakau jenis itu. Ikut terjun langsung kegiatan tersebut, Kapolres Pekalongan AKBP Arief Fajar Satria beserta jajarannya, perwakilan TNI AD maupun Laut, dan beberapa komunitas peduli lingkungan yang ada di sekitar daerah itu.
Kapolres menjelaskan program tersebut dimulai sejak 4 Oktober hingga 1 Desember mendatang dengan target tertanam sebanyak 1 juta bibit mangrove di seluruh Jateng dan untuk di wilayah kerjanya, target sebanyak 50.000 bibit. Guna menindaklajuti program tersebut, mulai awal kegiatan setiap hari jajarannya bersama sejumlah komunitas dan instansi lainnya melakukan penanaman.
”Sampai sekarang, sekitar 20.000 bibit mangrove sudah kami tanam sehingga mudah-mudahan sampai akhir program ini, target bisa tercapai,” tegasnya.
Sedangkan program ”Mageri Segoro” sendiri merupakan program yang diluncurkan oleh Polda Jateng untuk merehabilitasi hutan mangrove dalam mencegah abrasi, mengurangi emisi karbon, serta menjaga ekosistem alam.
Adapun kegiatan itu serentak dilakukan di 16 polres jajaran Polda Jateng yang memiliki daerah pantai. Harapannya dengan penanaman bibit mangrove, bisa menjadi contoh bagi seluruh elemen masyarakat agar menjaga bersama-sama memelihara alam.
Kemudian menjadikan gerakan Polda Jateng Mageri Segoro sebagai pemicu gerakan cinta lingkungan. Dalam hal ini, mari kita bersama-sama menjaga ekosistem pesisir, menyelamatkan kehidupan masyarakat bahari.
”Jangan menunggu abrasi dan kerusakan lingkungan menjadi besar dan kita pagari segoro dengan mangrove,” katanya.
Kapolres mengucapkan ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi, baik secara moril maupun materiil dalam menjalankan kegiatan tersebut. Dengan kerjasama seperti, ke depan akan semakin bagus lagi jalinan dengan mereka ketika menggelar kegiatan serupa maupun lainnya. (PO5-Red)

BERITA LAINNYA