Take a fresh look at your lifestyle.

Polres Brebes Luncurkan ICJS dan Mandalungan

166
  • Program Sinergitas Layanan Satu Pintu

BREBES – Jajaran Polres Brebes meluncurkan Program Integratedr Criminal Justice System (ICJS) dan Program Aman Terkendali Layanan untuk Panjenengan (Mandulangan), Selasa (30/7). Peluncuran dua program untuk sistem pelayanan satu pintu yang dilaksanakan di Aula Mapolres Brebes itu, ditandai dengan penandatangan MoU program antara Polres, Pemkab, Kejari dan Pengadilan Negeri serta Lapas Kelas 2 B Brebes.

Kasat Reskrim Polres Brebes, AKP Tri Agung Suryomicho mengatakan, program ICJS merupakan sistem sinergitas satu pintu antara Polres Brebes, Kejaksaan Negeri, Pengadilan dan Lapas di wilayah Brebes yang berbentuk website. Hal itu dimaksudkan untuk mempermudah koordinasi antara institusi, sehingga akan mempercepat penanganan semua kasus kriminal. “Sistem ICJS ini hanya bisa diakses oleh penyidik dan dirancang untuk memudahkan koordinasi antara institusi penegak hukum,” terangnya.

Menurut dia, ICJS merupakan program yang dikenalkan kali pertama oleh Polres Brebes di Indonesia. Sedangkan program Mandalungan merupakan aplikasi layanan yang disediakan jajarannya dan bisa diakses masyarakat melalui internet, atau bisa di donwload melalui playstore yang tersedia di handphone adroid. Apalikasi itu merupakan salah satu terobosan kreatif dalam upaya meningkatkan pelayanan yang mudah dan terhubung operator penyediaan pelayanan. Dalam aplikasi tersebut tersedia layanan emergency yang langsung terhubung ke nomor 110. Tombol itu bisa digunakan masyarakat ketika dalam kondisi darurat dan membutuhkan kehadiran petugas kepolisian. Kemudian, tersedia juga tombol pungutan liar (pungli) yang bisa digunakan untuk melaporkan terjadinya tindak pungli. “Selain itu, ada juag tiga menu utama yang meliputi Layanan Polres Brebes, Polsek Brebes dan Pemkab Brebes. Untuk layanan Polres Brebes, langsung kami hubungkan ke setiap satuan yang ada, mulai dari Satuan Reskrim, Intelejen hingga Dokes,” terangnya.

Lebih lanjut Kasat berharap, pelayanan yang disediakan tersebut dapat dirasakan sampai lapisan masyarakat paling bawah. Di sisi lain, semakin mempermudah bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan Polres Brebes. “Secara internal, kami juga berharap dengan adanya layanan ini jajaran Kepolisian mulai dari tingkat Polres hingga Polsek akan lebih profesional,” pungkasnya.

(Setiawan/red38)

BERITA LAINNYA