Take a fresh look at your lifestyle.

Polisi Tetapkan Empat Tersangka Kasus Pengerusakan RSUD Brebes

- Saat Ambil Paksa Jenazah Pasien Covid

39

BREBES – Jajaran Polres Brebes menetapkan empat orang sebagai tersangka dalam kasus aksi pengerusakan RSUD Brebes, Senin (18/12). Aksi pengerusakan ini terjadi saat ratusan warga mengambil paksa jenazah pasien positif Covid-19 di rumah sakit milik Pemkab Brebes tersebut. Keempat tersangka kini telah ditahan di ruang tahanan Mapolres Brebes.

Sebelumnya, sebanyak 14 warga diamankan usai aksi anarkis yang dilakukan ratusan orang di RSUD Brebes, Sabtu (26/12). Mereka menggeruduk rumah sakit milik Pemkab Brebes itu untuk mengambil paksa jenazah pasien positif Covid-19. Mereka mereka nekat menjebol pintu utama RSUD Brebes hingga rusak. Sekelompok warga juga menganiaya dua orang satpam RSUD Brebes hingga luka-luka.

Keempat tersangka tersebut, meliputi BS, IF, K dan M, kesemuanya warga Desa Sawojajar, Kecamatan Wanasari, Brebes. Keempat tersangka itu memiliki peran masing-masing, di antaranya melakukan penghasutan, pengrusakan dan pengambilan jenazah yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Awalnya kami mengamankan 14 orang. Setelah dilakukan pemeriksaan, ada empat orang dari mereka yang kami tetapkan sebagai tersangka. Sedangkan lainnya kami bebaskan karena tidak cukup bukti,” ujar Kasat Reskrim Polres Brebes AKP Agus Supriyadi, Senin (28/12).

Dia mengatakan, keempat tersangka tersebut saat ini sudah di tahan. Mereka selanjutnya akan mengikuti prosedur pemeriksaan sesuai dengan hukum yang berlaku. “Para tersangka ini sudah kami tahan. Mereka kami jerat pasal 170 KUHP dan pasal 93 Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan. Merem terancam hukuman di atas lima tahun penjara,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi kejadian serupa terulang, jajaran Polres Brebes kini memperketat pengamanan di beberapa rumah sakit rujukan pasien Covid-19. Puluhan personel Brimob ditempatkan di rumah sakit, termasuk di RSUD Brebes.

Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto melalui Kabag Ops Polres Brebes Kompol Raharja mengatakan, sedikitnya ada 40 personil di jajarannya yang diterjunkan untuk pengamanan di rumah sakit sebagai fasilitas umum. Beberapa rumah sakit yang diperketat pengamanannya di antaranya RSUD Brebes dan RSUD Bumiayu.

“Pengaman ini kami lakukan agar kejadian seperti kemarin (pengambilan paksa jenazah terkonfirmasi positif Covid-19) tidak terulang lagi,” pungkasnya. (*)

BERITA LAINNYA