Take a fresh look at your lifestyle.

Polisi Amankan Pengoplos Elpiji

137

PEMALANG – Pengoplos elpiji
bersubsidi 3 kilogram (gas melon) ke dalam tabung nonsubsidi 12 kilogram diamankan Polres Pemalang, kemarin. Pelaku pengoplosan yang diamankan adalah Ikbal (39) warga Dusun Kebonsari, Kelurahan/Kecamatan Petarukan.

Kapolres Pemalang AKBP Edy Suranta Sitepu mengungkapkan
jajarannya dalam kasus tersebut mengamankan barang bukti berupa 87 tabung gas melon dan 190 tabung gas nonsubsidi 12 kilogram.

“Setiap hari tersangka menyediakan 100 tabung gas elpiji 3 kilogram untuk dipindahkan isinya ke tabung gas kosong nonsubsidi 12 kilogram,”kata Kapolres.

Kapolres menambahkan cara pelaku mngoplos adalah dengan menggunakan perbandingan pengisian empat tabung gas elpiji subsidi 3 kilogram dipindahkan ke dalam satu tabung gas elpiji 12 kilogram.

Dalam melancarkan aksinya
pelaku dibantu oleh seorang
karyawan yang sebelumnya diberi-
tahu tentang proses pemindahan isi tabung gas. Setiap hari karyawan tersebut memindahkan ke dalam 15 tabung 12 kilogram.

Sisanya 40 tabung gas elpiji bersubsidi 3 kilogram dijual kepada konsumen tanpa dioplos. Dalam menjual gas Ikbal mengantar langsung kepada pembeli menggunakan mobil pikap
miliknya.

Kepada polisi Ikbal mengaku membeli isi tabung gas elpiji 3 kilogram dari agen PT Sinar Harapan Sejati dengan harga Rp 14.250 rupiah. Selanjutnya dijual kembali dalam tabung
gas 12 kilogram dengan harga Rp
125.000.

Setiap hari dapat menjual sebanyak 15 tabung gas 12 kilogram yang sudah dioplos. Sehingga keuntungan yang diraup setiap hari Rp 705.000 rupiah. (Ali Basarah)

BERITA LAINNYA