Take a fresh look at your lifestyle.

PNS Kerja dari Rumah, Diperpanjang

184

PEMALANG – PNS di Kabupaten Pemalang bekerja dari rumah atau work from home (WFH) diberlakukan 23 Maret sampai 5 April 2020. Penerapan WFH ini dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19.

Namun demikian WFH yang semestinya berakhir pada Minggu (5/4) kemarin akhirnya diperpanjang kembali mulai Senin (6/4) sampai Selasa (21/4). Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sugiyanto mengatakan perpanjangan WFH tertuang dalam surat edaran Sekda Pemalang nomor : 800/509/2020 tentang pelaksanaan WFH bagi ASN Pemkab Pemalang.

 

“WFH kami perpanjang atas pertinbangan pelaksanaan WFH tahap I yang kami nilai efektif untuk menekan laju mobilitas ASN dalam rangka menerapkan protokol kesehatan jaga jarak fisik dan kerumunan,”kata Sugiyanto.

 

Pelaksanaan WFH meskipun ditentukan sampai 21 April namun menyesuaikan situasi dan kondisi. Kemudian selama WFH PNS dan keluarganya tidak diperbolehkan bepergian keluar daerah termasuk mudik.

 

Sebelumnya diberitakan Pemerintah Kabupaten Pemalang menerapkan kebijakan penyesuaian sistem kerja bagi aparatur sipil negara (ASN) dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19. Sekda Mohammad Arifin menjelaskan kebijakan tersebut adalah kebijakan bagi PNS/pegawai untuk bekerja dari rumah atau WfH.

 

Surat kata dia sudah diedarkan dan berlaku efektif sejak 23 Maret sampai 5 April 2019. Dalam kebijakan tersebut setiap organisasi perangkat daerah (OPD) menerapkan sistem kehadiran 30% pegawainya. Pimpinan tinggi wajib masuk setiap hari dengan didampingi oleh minimal dua pejabat administratur, satu pejabat pengawas dari masing-masing bidang dan satu pejabat fungsional/pelaksana dari masing-masing pejabat pengawas yang masuk.

 

Pegawai yang usianya 50 tahun ke atas tetap bekerja dari rumah selama kebijakan ini diterapkan. Adapun pegawai pada pelayanan kesehatan, pendidikan, pengelolaan pasar diatur sendiri oleh Kepala OPD masing-masing. Dalam kebijakan ini bukti kehadiran menggunakan sistem manual dengan mengisi daftar hadir yang mencantumkan jam masuk dan pulang kerja.(Ali Basarah)

BERITA LAINNYA