Take a fresh look at your lifestyle.

PMI Kembali Giatkan Donor Darah Sukarela di Sekolah

62

PAGERBARANG – Di masa pandemi, PMI Kabupaten Tegal berupaya secara maksimal memenuhi kebutuhan darah masyarakat. Diantaranya dengan mengadakan donor darah di kelompok-kelompok donor masyarakat, termasuk mengadakan kembali donor darah di lingkungan sekolah.

Secara perdana, mobile unit donor darah sukarela di sekolah diadakan di SMA 1 Pagerbarang pada Kamis (4/3).

SMA Negeri 1 Pagerbarang merupakan salah satu kelompok donor darah guru dan siswa yang telah rutin melaksanakan donor darah sukarela sebelum masa pandemi Covid-19.

Donor darah sukarela pada hari itu dilaksanakan mulai pukul 09.00 sampai dengan 13.00. Kegiatan tersebut disambut gembira oleh guru, siswa, alumni, dan masyarakat sekitar.

Hadir dalam acara tersebut pejabat dari Kecamatan, Koramil dan Polsek Pagerbarang.

Kepala SMA Negeri 1 Pagerbarang Nursahid menyampaikan, terima kasih pada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam acara tersebut. Dari kegiatan tersebut, berhasil terkumpul 46 kantong darah.

Ketua PMI Kabupaten Tegal, Iman Sisworo menyebutkan pandemi berpengaruh terhadap kegiatan donor darah sukarela yang biasa dilaksanakan kelompok-kelompok donor darah masyarakat.

Kegiatan rutin donor darah sukarela yang biasa dilaksanakan sekolah SMA/SMK/MA menjadi tertunda.

Demikian pula dengan masyarakat yang dengan sukarela datang ke Unit Donor Darah PMI Kabupaten Tegal untuk mendonorkan darahnya jumlahnya jauh berkurang.

“Sehari hanya lima sampai sepuluh orang saja,”terangnya.

Disisi lain, kebutuhan darah di Kabupaten Tegal untuk transfusi semakin hari semakin meningkat. Bahkan perharinya mencapai 50 kantong lebih.

“Untuk mencukupi kebutuhan darah tersebut, PMI Kabupaten Tegal telah berupaya secara maksimal dengan mengadakan donor darah di kelompok-kelompok donor masyarakat termasuk mengadakan kembali donor darah di lingkungan sekolah (SMA/SMK/MA),”tuturnya.

Hal ini sesuai dengan dukungan rekomendasi Bupati Tegal selaku Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tegat melalui Surat Edaran nomor : 468/1621/Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Donor Darah Sukarela di Tengah Penyebaran Infeksi Covid-19.

BERITA LAINNYA