Take a fresh look at your lifestyle.

PMI Kabupaten Tegal Beri Pendonor Hadiah Sepeda Motor

145

SLAWI- Pandemi Covid-19 berimbas terhadap stok darah di Unit Doror Darah (UDD)  Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal. Sejak adanya wabah Korona, pendonor kian sedikit , sementara kebutuhan darah masih tinggi.

Penurunan perolehan darah pada awal pandemi Covid-19 mencapai 50 persen. Stok darah hanya sebanyak 800 kantong dengan kebutuhan darah sebanyak 1.600 kantong  per bulan.

Untuk memenuhi ketersediaan darah, PMI Kabupaten Tegal berupaya menarik minat masyarakat mengikuti donor darah. Diantaranya memberikan hadiah (doorprize) kepada para pendonor yang melakukan aksi giat donor darah pada  11 Mei sampai 30 Juni 2020.

Tak tanggung-tanggung, PMI menyiapkan puluhan doorprize dengan hadiah utama satu unit sepeda motor. Doorprize diundi pada Sabtu (18/7) pagi di aula PMI Kabupaten Tegal. Hadir dalam pengundian pengurus PMI Kabupaten Tegal dan sejumlah pendonor darah.

Ketua PMI Kabupaten Tegal, Iman Sisworo menyampaikan terima kasih kepada  masyarakat yang telah secara suka rela mendonorkan darahnya.

Imam menyebutkan,  tanpa peran serta masyarakat , PMI akan sulit memenuhi kebutuhan darah di tengah pandemi Covid-19 maupun di masa bulan Ramadan. Apalagi  ada larangan melakukan kegiatan yang menimbulkan  kerumunan massa . Sementara kegiatan donor darah di sekolah juga ditiadakan, karena siswa belajar secara mandiri di rumah.

Iman menyebutkan, setelah melakukan pemeriksaan kesehatan, tidak semua peserta dapat mendonorkan darah. Hanya sekitar 2.200 orang yang bisa diambil darahnya.

“Bagi calon pendonor yang kemarin gagal terambil darahnya, dimohon hadir kembali ke PMI. Sebelumnya agar istirahat  yang cukup dan menyiapkan diri lebih baik,”imbaunya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan Donor Darah dalam rangka Pandemi Covid-19, Triyo Restu Adi mengatakan, melalui giat donor darah yang dilaksanakan selama hampir dua bulan itu berhasil menjaring 3.600 peserta . Seribu orang diantaranya merupakan pendonor baru.

“Dari jumlah tersebut, tidak semua bisa donor darah. Ada 1.332 yang gagal berdonor, karena tidak memenuhi syarat kesehatan. Tensi rendah atau tinggi, detak nadi dibawah normal atau kurang tidur,”terangnya.

Selain mengundi satu unit sepeda motor, pada hari itu juga diundi satu unit mesin cuci, dua unit sepeda gunung, dua unit TV LED 14 inchi, enam unit setrika listrik, dua unit dispenser listrik dan dua unit drink jar. Beruntung mendapat hadiah sepeda motor Rayendra Tegar Baruna warga Trayeman, Slawi.  (Sari/Red-06)

 

BERITA LAINNYA