Take a fresh look at your lifestyle.

PMI Kabupaten Brebes Berhasil Kumpulkan 330 Kantong Darah

* Peduli Kemanusian di Tengah Pandemi Covid-19

14

BUMIAYU,smpantura.com- PMI Kabupaten Brebes berhasil mengumpulkan 330 kantong darah dalam kegiatan donor darah massal di pendapa ek Kawedanan Bumiayu, Selasa (6/4).

Ketua PMI Kabupaten Brebes Wahidin Soedja mengatakan,  donor darah massal dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan darah selama bulan Ramadan nanti.  Sebab, pada bulan Ramadan, permintaan darah meningkat, sementara stok darah menurun.“Inilah mengapa kegiatan ini digelar. Alhamdulillah hingga selesai acara, berhasil terkumpul 330 kantong darah, melebihi jumlah yang kami targetkan 250 kantong darah,” katanya.

Kegiatan donor darah bertajuk Peduli Kemanusian di Tengah Pandemi Covid-19 diikuti warga dari berbagai kalangan. Camat Eko Purwanto, Danramil Kapten Arm Jupriyadi dan Kapolsek Bumiayu AKP Hery Riyanto juga ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Wahidin menegaskan, donor darah di tengah pandemi Covid-19 dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat sesuai anjuran pemerintah. Para pendonor diwajibkan memakai masker.  Sebelum mendonorkan darahnya, pendonor wajib mencuci tangan dan dicek suhu tubuhnya. Demikian juga kursi tunggu pendonor, diatur jaraknya.“Kami juga memberikan doorprize menarik kepada para pendonor sebagai bentuk apresiasi,” ujarnya.

Pada bulan Ramadan nanti, lanjut Wahidin, PMI tetap menggalakkan donor darah massal. Hanya saja, kegiatan tersebut dilaksanakan pada malam hari.“Donor darah di bulan puasa tetap aman sepanjang pendonor memenuhi persyaratan. Warga di Brebes selatan bisa mendatangi Unit Donor Darah Bumiayu,” ujarnya.

Salah seorang pendonor Teguh Supriyanto (44), mengaku senang bisa bisa menyumbangkan darahnya. Apalagi kegiatan tersebut  dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.”Selain membantu sesama, donor darah ini juga baik untuk kesehatan kita,” ujarnya.(T06-red)

 

BERITA LAINNYA