Take a fresh look at your lifestyle.

Petugas Lapas Tegal Gagalkan Penyelundupan HP dalam Paket Makanan

143

TEGAL – Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kota Tegal berhasil menggagalkan upaya penyelundupan sebuah handphone (HP) yang dilakukan onkum pengirim paket, Sabtu (8/2) sore. Modusnya cukup simpel, pelaku menanamkan HP di dalam bungkus makanan ringan.

“Betul, pelakunya satu orang. Dia mengirimkan paket makanan dan kebutuhan lainnya. Setelah digeledah, petugas mendapati HP yang terbungkus lakban ada di dalam makanan,” terang Kepala Lapas Kelas II B Kota Tegal, Sambiyono, kepada SMPantura.com.

Sambiyono menerangkan, kronologi kejadian bermula, saat petugas Pengamanan Pintu Utama (P2U) Eka Feri Widiyanto menerima sebuah kiriman paket makanan dan kebutuhan Lapas dari pelaku. Namun, saat diminta untuk menunjukkan identitas, pelaku hanya bisa menunjukkan fotokopi KTP yang telah usang.

Bahkan, pelaku yang diketahui bernama Tamam Sutrimo (30) menolak saat akan digeledah. Dengan membawa seorang anak kecil, warga Desa Pagiyanten RT 15/ RW 04 Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal itu akhirnya diperiksa secara intensif.

“Gelagatnya sudah aneh sejak pertama masuk. Dia nampak tergesa-gesa, bersama seorang anak kecil. Saat ditanya identitas, yang diberikan KTP model lama dan fotokopian. Setelah isi paket diperiksa, ternyata ada HP di dalam makanan ringan,” kata Eka Feri.

Dari tangan pelaku, petugas berhasil mengamakan satu unit hanphone merek nokia warna kuning, satu unit baterai HP, kabel USB serta sebuah headset. Setelah dikembangkan, paket tersebut diketahui dikirimkan untuk Lusi Rastanto (30) narapidana kasus pencurian mobil.

Untuk menindaklanjuti kasus tersebut, pelaku penyelundupan HP langsung diserahkan ke Polsek Kawasan Pelabuhan. Sementara penerima paket, Lusi akan dikenakan sanksi pembatalan pemberian remisi.

(haikal/ red2)

BERITA LAINNYA