Take a fresh look at your lifestyle.

Petani Diharap Peka Terhadap Minat Konsumen

157

SLAWI – Para petani di Kabupaten Tegal, tak terkecuali petani di wilayah Kecamatan Bojong dan Bumijawa, untuk dapat menangkap kebutuhan pasar atau peka terhadap minat konsumen.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Tegal, Sabilillah Ardie pada  acara Kabar Bupatiku sekaligus Perpisahan KKN Tematik IPB Tahun 2019  di UPTD Klinik Pertanian Kecamatan Bojong, pada Senin (29/7) pagi.
Ardie menyambut  acara Perpisahan KKN Tematik IPB yang dikemas melalui Pameran Inovasi Pertanian Menginspirasi Inovasi Karya Anak Negeri.
“Catat dan produk apa saja yang paling diminati dan paling banyak diburu masyarakat. Catat pula nilai transaksi yang berhasil dibukukan pagi ini dan dipublikasikan,” tutur Ardie.

Melalui pameran tersebut, Ardie berharap,  pengetahuan dan keterampilan masyarakat di bidang pertanian menjadi lebih meningkat. Selain itu, dapat menggugah semangat, motivasi dan mendorong masyarakat petani dalam berinovasi hingga terbangun ekosistem kreatif melalui penumbuhan kewirausahaan di sektor pertanian, hingga dukungan kelembagaan mulai dari kelompok tani hingga pemerintah desanya dalam menangkap peluang ekonomi pasar yang semakin dinamis.

Dalam dialog  tersebut, Ardie menyontohkan, keputusan sejumlah petani dan kelompok tani Bojong dan Bumijawa untuk beralih  menanam bibit bawang putih termasuk sebuah keputusan inovasi.
Ada langkah-langkah eksperimental disana dalam mencari jenis bibit yang paling tepat dengan menyesuaikan media tanam dan iklim lingkungannya. Untuk mencapai titik tersebut tentunya para perintis, para petani pionir sudah melalui serangkaian tahapan inovasi, mulai dari menyampaikan informasi tentang ide dan gagasan perubahan konsep bertani sebagai landasan inovasi itu sendiri, menanamkan pengetahuan kepada para stakeholders hingga tahapan persuasi dan pengambilan keputusan.

Tak lupa,dia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada mahasiswa KKN IPB yang telah berkontribusi memberikan ilmu serta pengetahuan pertanian untuk petani maupun masyarakat yang di wilayah yang  menjadi lokasi KKN Tematik IPB. Ucapan terimakasih Ardie, dibalas oleh Dekan Fakultas Pertanian, Suwardi. Dirinya berharap ilmu yang diberikan mahasiswa untuk petani dapat dikembangkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Suwardi menambahkan, harapannya kerjasama IPB dengan Pemkab Tegal tidak hanya sebatas KKN, melainkan terjalin kerjasama yang lain.

“Saya berharap kerjasama ini akan berlanjut, tidak hanya sebatas KKN. Bisa saja kerjasama yang lain, yang akan membawa perubahan sektor pertanian di Kabupaten Tegal,” ungkapnya.

(Sari/red38)

BERITA LAINNYA