Take a fresh look at your lifestyle.

Petang Ini Sungai Babakan Meluap Lagi, Dua Desa Diterjang Banjir

53

BREBES – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Brebes, membuat Sungai Babakan di Kecamatan Ketanggungan kembali meluap, Kamis petang ini (18/2). Imbasnya, dua desa di Kecamatan Ketanggungan diterjang banjir, akibat limpasnya Sungai Babakan. 

Kedua desa itu adalah Cikeusal Lor dan Cikeusal Kidul. Dilaporkan kondisi debit air Sungai Babakan berstatus waspada, dengan ketinggian di angka 205. Kondisi ini lebih tinggi dibanding saat banjir pada Rabu (17/2), yang diposisi 190.

Sekertaris Desa (Sekdes) Cikeusal Lor, Kecamatan Ketanggungan, Gilang Ningrum Kusumah mengatakan, wilayahnya saat ini masih diguyur hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Bahkan, saat ini debit air Sungai Babakan sudah limpas ke permukiman warga. “Hujan turun tadi sekitar pukul 16.35. Saat ini kondisinya masih turun hujan dan debit air Sungai Babakan sudah masuk ke pemukiman warga. Ada puluhan rumah yang sudah kebanjiran,” ujarnya, Kamis petang (18/2), kepada wartawan.

Menurut dia, ada dua pedukuhan di desanya yang terdampak banjir limpasan tersebut. Yakni, Dukuh Babakan dan Dukuh Campur. “Ketinggian airnya beda-beda. Yang jelas, banjir kali ini lebih besar dibanding hari kemarin (Rabu, red),” ucapnya.

Informasi yang dihimpun di lapangan, hujan deras juga masih turun di wilayah Brebes selatan. Selain Cikeusal Lor, Desa Cikeusal Kidul juga mulai terkena dampak banjir limpasan Sungai Babakan tersebut.

Terpisah, Anggota DPRD Brebes M Rizki Ubaidilah, yang juga warga Ketanggungan mengatakan, warga di wilayah perkotaan Kecamatan Ketanggungan kini sudah mulai siaga banjir. Terpantau, hingga pukul 17.45 tinggi air di Bendungan Cisadap menunjunkan di angka 160. kemudian, terus naik dan naik hingga terakhir di posisi 205. ” Ini warga lagi tata-tata (sedang siap-siap). Debit airnya meningkat lebih cepat dibanding kemarin,” katanya singkat.(*)

BERITA LAINNYA