Take a fresh look at your lifestyle.

Pesonna Kafe Literasi Dukung Tegal Jadi ‘The Real Smart City’

144

TEGAL – Ibarat jamur di musim penghujan, kini mulai bermunculan virus literasi di Kota Tegal. Salah satunya Pesonna Kafe Literasi yang baru-baru ini dilaunching Pesonna Hotel di Jalan Gajah Mada, Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur.

Hotel berbintang tiga ini memanfaatkan pelataran halaman parkir untuk disulap menjadi kafe literasi, menyusul pekan lalu diresmikan rintisan sekolah literasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal di SDN Sumurpanggang 2.

Food and Beverage Manager (FBM) Pesonna Hotel Tegal, Agus Setyo Aji mengatakan, dirilisnya kafe literasi merupakan wujud kepedulian dalam mengedukasi seluruh lapisan masyarakat untuk gemar membaca. Selain menikmati makanan dan minuman, para pengunjung dapat membaca buku yang tersedia.

“Ada juga wifi gratis yang dapat digunakan untuk membaca e-book atau semacamnya. Sesuai dengan motto kami, read, learn and drink semoga bisa terealisasi dengan baik,” harapnya.

Didapati tengah asyik menikmati secangkir teh poci di Pesonna Kafe Literasi, Wakil Wali Kota Tegal, Muhammad Jumadi mengatakan, dalam kepemimpinannya bersama Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono, pihaknya konsen untuk mewujudkan Tegal sebagai The Real Smart City, The City of Inovation dan diakhiri dengan Kota Literasi.

“Semua aspek kehidupan di Kota Tegal coba kita gerakkan dengan literasi. Apa saja yang berhubungan dengan literasi, baik literasi membaca, literasi budaya dan literasi lingkungan. Tidak hanya sebatas membaca saja,” terangnya.

Kemudian, sambungnya, kunci sukses suatu pemerintahan didukung oleh semua stakeholder. Dirinya mengajak seluruh lapisan untuk menggerakkan anak-anak sekolah dasar untuk menjadikan sekolah sebagai pusatnya literasi.

Senada dengan Jumadi, Tokoh Literasi Dr Yusqon mengungkapkan, kafe literasi telah terkonsep sejak dua tahun silam saat dirinya berbincang dengan General Manager Pesonna Hotel, Saunan Rasyid. Namun, hal tersebut baru bisa terealisasi setelah beberapa waktu lalu Pemkot merintis sekolah literasi.

“Di pojok manapun mendukung The Real Smart City yang di dalamnya mengandung literasi,” pungkasnya. (Haikal/red2)

BERITA LAINNYA