Take a fresh look at your lifestyle.

Perumda Tirta Baribis Siapkan 1.000 Sambugan Baru di Bulakamba

- Permudah Pembiayaan Pemasangan

57

BREBES,smpantura.com – Sebanyak 1.000 sambungan baru jaringan air bersih, saat ini disiapkan Perumda Tirta Baribis Brebes bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes. Langkah itu, selain sebagai upaya memperluas layanan, juga dilakukan untuk mendukung pemerintah daerah dalam mememuhi kebutuhan air bersih masyarakat. Bahkan, perusahaan daerah milik Pemkab Brebes itu juga memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pembiayaan pemasangan sambungan baru, dengan menggandeng Bank Brebes.

Direktur Utama Perumda Tirta Baribis Brebes, Agus Isyono melalui Direktur Operasional Akhmad Zaeni mengatakan, pihaknya terus berupaya memperluar jaringan pelayanan air bersih, termasuk di Kecamatan Bulakamba tersebut. Apalagi, Kecamatan Bulakamba satu-satunya dari 17 kecamatan di Brebes yang belum mendapatkan pelayanan air bersih dari Perumda Tirta Baribis. Sehingga, wilayah itu menjadi prioritas perluasan pelayanan. Hal itu menyusul adanya sumber air baku baru berupa sumur dalam di Desa Luwungragi, Kecamatan Bulakamba. Debit air yang dihasilkan dari sumber air baku tersebut mencapai 10 liter/ detik, dan itu mampu mengkafer hingga 1.000 sambungan rumah. “Saat ini jaringan perpipaan sedang kami bangun. Kami juga terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat atas perluasan jaringan pelayanan air bersih ini. Mengingat, kondisi air yang digunakan masyarakat di wilayah Bulakamba kurang layak di konsumsi,” ujarnya usai memberikan sosialisasi kepada masyarakat Desa Luwungragi, Kecamatan Bulakamba, Brebes, Selasa (12/10).

Dalam perluasan pelayanan jaringan tersebut, lanjut dia, pihaknya juga memberikan kemudahan pembiayaan bagi warga yang ingin menjadi pelanggan. Dalam pembiayaan pemasangan sambungan baru itu perusahaannya telah bekerjasama dengan Bank Brebes sebagai perusahaan daerah di bidang keuangan. Melalui Bank Brebes itu, masyarakat bisa mendapatkan pembiayaan untuk pemansangan sambungan baru. “Kami memang menggandeng Bank Brebes untuk meringankan masyarakat terkait pembiayaan pemasangan sambungan baru ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, selain di Kecamatan Bulakamba, Perumda Tirta Baribis juga telah bekerjsama dengan PDAM Kabupaten Kuningan untuk mendapatkan pasokan air baku dari Waduk Ciluweng Kuningan. Pasokan air baku itu nantinya akan dipergunakan untuk melayani 6 kecamatan. Yakni, Banjarharjo, Kersana, Ketanggungan, Losari, Tanjung dan Bulakamba. Sesuai perjanjian, pihaknya akan mendapatkan alokasi debit air sebanyak 200 liter/ detik. “Dari pasokan debit sebesar 200 liter/ detik ini, mampu melayani sebanyak 16.000 sambungan rumah. Tahun depan kami targetkan sudah bisa terealisasi, bahkan kami saat ini sudah menyiapkan instalasi pengolahan airnya di Desa Penanggapan, Kecamatan Banjarharjo,” paparnya.

Kades Luwungragi, Saryo mengatakan, warga di desanya selama ini untuk mencukupi kebutuhan air bersih, khususnya untuk minum dan memasak harus membeli dipenjual keliling. Sedangkan untuk mandi memanfaatkan sumur rumah yang ada. Karena itu, adanya rencana Perumda Tirta Baribis memperluas jaringan hingga ke desanya warga sangat menyabut antusias. “Intinya warga kami respon baik, dan ini sudah menjadi keinginan warga sejak 6 tahun lalu,” pungkasnya.*

(T07-red)

BERITA LAINNYA