Take a fresh look at your lifestyle.

Perumahan Pesona Abadi Jadi Percontohan Kampung Siaga Covid-19

148

SLAWI- Kabupaten Tegal  memiliki Kampung Siaga Covid-19  di Perumahan  Pesona Abadi , Desa Slawi Kulon, Kecamatan Slawi. Pembentukan Kampung Siaga Covid-19 sebagai bentuk sinergi bersama dalam pencegahan penyebaran virus Korona yang tengah mewabah di berbagai daerah di tanah air.

Pencanangan Kampung Siaga Covid -19 yang diinisiasi Polres Tegal ditandai dengan penyerahan bantuan  berupa alat  penyemprot disinfektan, masker, hand sanitizer, tempat cuci tangan  dan sembako oleh Kapolres Tegal AKBP Muhammad Iqbal Simatupang, Senin (13/4) pagi.

Tulisan Kampung Siaga Covid-19  terlihat jelas di spanduk yang dipasang di pintu gerbang perumahan yang berada di Jalan Jenderal Sudirman Slawi . Selain itu, juga terpampang imbauan  melakukan pola hidup bersih dan sehat.

Sementara sebuah tandon air berukuran besar dilengkapi dengan bak cuci tangan dan sabun cair disiapkan di pintu masuk. Semua orang yang hendak masuk ke perumahan itu wajib mencuci tangan dan menggunakan masker.

Kapolres Tegal AKBP Muhammad Iqbal Simatupang menyebutkan, kegiatan yang dilaksanakan Polres Tegal wujud  kepedulian Polri  terhadap masyarakat dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

“Kami juga mengedukasi masyaakat cara hidup bersih dan sehat, sesuai dengan protokol kesehatan. Selain itu, untuk memutusa mata rantai Covid-19,”terang Iqbal.

Kepada warga perumahan tersebut, Kapolres menyampaikan isi Maklumat Kapolri, diantaranya menjaga jarak fisik dengan sesama (physical distancing) dan menggunakan masker secara benar.

Kapolres menyebutkan, Kampung Siaga Covid-19 di Perumahan Pesona Abadi diharapkan menjadi inspirasi bagi kampung lain.

“Tidak hanya kampung itu, tapi kampung-kampung lain diarahkan menjadi kampung siaga. Ada juga ruko siaga. Sekarang ini Bhabinkamtibmas sedang mendata kampung mana yang perlu dapat sentuhan/ pembinaan,”terangnya.

Selain di Perumahan Pesona Abadi, pagi itu Kapolres juga menyambangi Ruko Slawi dan memberikan bantuan berupa tempat cuci tangan, alat penyemprot disinfektan, masker dan sembako.

Ketua RT 6 RW 6 Perumahan Pesona Abadi, Desa Slawi Kulon, Taufik Hidayat mengatakan, menyambut baik dicanangkannya perumahan tersebut sebagai Kampung Siaga Covid-19.

Ia menyebutkan, salah satu warganya meninggal dunia pada Selasa (7/4).  Warga berjenis kelamin perempuan berusia 59 tahun berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) dan dirawat di RSUI Harapan Anda Kota Tegal.

Hasil tes swab yang disampaikan oleh Dinas Kota Tegal menunjukkan pasien tersebut terindikasi  positif Korona. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Tegal , Joko Wantoro pada Sabtu (11/4) menyampaikan, kematian tersebut menjadi kasus pertama pasien positif Covid-19 asal Kabupaten Tegal yang meninggal dunia.

Taufik mengatakan, warga yang  meninggal tinggal serumah bersama dua anggota keluarganya. Keduanya berjenis kelamin perempuan , masing-masing berusia 54 tahun dan 25 tahun.

“Kami selaku RT sedang memantau agar mereka melakukan isolasi mandiri. Kami dan ibu-ibu PKK disini ikut menyuplai kebutuhan sayuran dan makanan. Mereka pesan nanti kebutuhannya diantar. Ini agar mereka tidak keluar dan melakukan isolasi 14  hari,”jelas Taufik.

Taufik menyebutkan, pihaknya berusaha agar warga tersebut tidak dikucilkan. Menurut Taufik, kedua warga tersebut kemarin menjalani pemeriksaan di  RSUD Dr Soeselo. Mereka dijemput  dan dikembalikan menggunakan ambulans. Petugas penjemput menggunakan baju hazmat.  “Hasilnya mereka diminta isolasi mandiri,”sebutnya. (Sari/Red-06)

 

 

BERITA LAINNYA