Take a fresh look at your lifestyle.

Pertamina Kirim Bantuan Air Bersih

171

PEMALANG – Pertamina melalui Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana) mengirim bantuan air beraih ke daerah krisis air bersih di Kabupaten Pemalang. Saat ini masih ada 12 desa di Kecamatan Pulosari dan dua di Kecamatan Belik yang masih dilanda sulit air bersih.

Sales Eksekutif LPG Pertamina Rayon III Tegal, Sandy Rahadian mengungkapkan bantuan yang diserahkan merupakan salah satu bentuk kepedulian pada masyarakat Pemalang khususnya yang tengah dilanda kekurangan air bersih akibat musim kemarau.

“Setidaknya bantuan air bersih dapat meringankan kebutuhan warga akan air,”kata Sandy, Kamis (15/8). Kemarin air bersih dikirim ke Desa Gombong, Kecamatan Belik dan Siremeng, Kecamatan Pulosari.

“Penyaluran bantuan air bukan merupakan kegiatan yang pertama kali kami lakukan, pada tahun sebelumnya juga dilakukan dengan memggandeng paguyuban agen LPG 3 Kg,”ujarnya.

Krisi air yang melanda Kabupaten Pemalang bagian selatan ini terjadi setiap tahun saat musim kemarau. Namun demikian pemerintah daerah tidak tinggal diam dalam menghadapi masalah tersebut.

“Untuk kebutuhan air Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) hingga saat ini terus menyalurkan bantuan, selain itu sejumlah pihak juga berkontribusi ikut memberikan bantuan,”kata Junaedi.

Kemudian pemerintah daerah juga mengupayakan pengambilan air bersih dari sekitar puncak Gunung Slamet. Kegiatan ini dilakukan melalui proyek dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di mana saat ini prosesnya dalam tahapan pembuatan gambar rencana detail atau Detail Enginering Desaign (DED).

Air yang akan diambil itu jaraknya ke Pulosari kurang lebih mencapai 23 kilometer. “Anggaran yang diperlukan diperkirakan antara Rp 50-75 miliar,”ujarnya.

(Ali Basarah/ red2)

BERITA LAINNYA