Take a fresh look at your lifestyle.

Personel Sat Lantas Polres Tegal Kota Ramai-Ramai Datangi Kantor PMI

108

* Sumbang Darah, Hari Lalu Lintas Bhayangkara Ke-64

TEGAL – Hal menarik, dan akhirnya banyak mendapat pujian, dilakukan jajaran Sat Lantas Polres Tegal Kota. Personel kesatuan itu, setelah menggelar apel pagi, ramai-ramai mendatangi Kantor PMI Kota Tegal, di Jl Aiptu KS Tubun, Jumat (20/9).

Banyak warga yang sempat bertanya-tanya dengan kehadiran belasan personel yang sebelumnya terlihat banyak berdiri di tepi dan di tengah sejumlah ruas jalan di dalam kota, untuk mengatur lalu lintas.

Iptu Joko Margono tengah diperiksa tekanan darahnya, sebelum donor darah

”Saya kira ada kecelakaan lalu lintas, dan ada yang butuh darah secepatnya. E…, ternyata bapak polisi ini mau ramai-ramai menyumbang darah. Bagus, bagus, karena setetes darah sumbangan dari siapa pun, sangat membantu menyelematkan nyawa seseorang. Apalagi ini yang donor darah banyak sekali. Luar biasa,” ucap Sutanto (42) warga Debong Tengah, yang melintas di depan Kantor PMI, dan menyempatkan diri melihat aksi sosial personel Sat Lantas Polres Tegal Kota.

Kasat Lantas Polres Tegal Kota AKP Ben Aras mengatakan, kegiatan sosial dan kemanusiaan seperti donor darah itu, telah dirancang jauh hari sebelumnya. Yakni dalam rangka Hari Lalu Lintas Bhayangkara Ke-64.

Karena sudah dirancang cukup lama, hampir seluruh personelnya dapat menyumbangkan darahnya. Baik dari personel polisi laki-laki maupun polisi wanita di jajarannya. Karena mereka telah mempersiapkan kondisi kesehatannya agar dapat berperan aktif dalam kegiatan donor darah tersebut.

Gandeng FKPM

Selain personel Sat Lantas Polres Tegal Kota, kegiatan itu juga menggandeng Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) yang merupakan bagian dari program kegiatan perpolisian masyarakat atau Polmas.

Donor darah tersebut, selain menarik minat anggota masyarakat dari forum itu, juga personel Polres Tegal Kota lainnya. Baik dari jajaran Sat Reskrim, Sat Intelkam, Binmas, Bag Ops serta ASN yang berdinas di Mapolres Tegal Kota.

Sejumlah personel Sat Lantas Polres Tegal Kota, bersiap melakukan donor darah

Bahkan sejumlah personel polisi dari polsek-polsek juga turut serta donor darah. Karena sejumlah personel polisi itu, selama ini juga telah rajin mengikuti kegiatan donor darah, baik yang digelar PMI Kota Tegal maupun instansi terkait.

AKP Ben Aras berharap, kegiatan donor darah yang digelar dapat bermanfaat luas dalam membantu masyarakat yang membutuhkan. Bukan hanya masyarakat yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas. Tapi selama ini juga banyak yang membutuhkan saat warga akan menjalani operasi atau penanganan medis lainnya di sejumlah rumah sakit di Kota Tegal.

Hari Lalu Lintas Bhayangkara Ke-64 bertema ”Dengan Semangat Promoter Korlantas Polri Mengoptimalkan Pelayanan Lalu Lintas Berbasis IT Guna Mendukung Program Road Safety”, juga diisi kegiatan sosial lainnya.

Seperti mengunjungi korban kecelakaan, panti asuhan dan sosialisasi Program Road Safety ke sejumlah komunitas dan pelajar. Terutama berkait berbagai aturan lalu lintas, dan cara berkendara yang baik dan benar.

Sementara itu, petugas PMI Kota Tegal dalam melayani masyarakat yang akan donor darah, tetap melakukan tahapan prosedur pemeriksaan kesehatan. Paling tidak pedonor darah tidak mengalami sakit darah tinggi, dan tekanan darahnya juga normal. Atau tengah mengonsumsi obat-obatan dalam rangka memulihkan kondisi kesehatannya.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA