Take a fresh look at your lifestyle.

Perpres Pesantren Disahkan, PKB Kabupaten Tegal Gelar Tasyakuran

51

SLAWI, smpantura.com – Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren pada Kamis (2/9). Hal itu disambut gembira oleh DPC PKB Kabupaten Tegal dengan menggelar tasyakuran di Sekretariat DPC PKB setempat, Senin (20/9). Dengan ditandatangani Perpres tersebut, pemerintah mengakui keberadaan pondok pesantren (ponpes) sebagai lembaga yang ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dalam tasyakuran itu, hadir Ketua DPC PKB Kabupaten Tegal A Firdaus Assyairozi, Ketua Dewan Syuro DPC PKB Kabupaten Teg Habis Soleh, Ketua PCNU Kabupaten Tegal HM Muntoyo, Ketua RMI Kabupaten Tegal KH Samsul dan sesepuh PCNU Kabupaten Tegal sebagai pengasuh Ponpes Al Abror Lebaksiu KH Khambali Usman.

“Perjuangan PKB dan NU tidak sia-sia, karena dengan ditandatanganinya Perpres 82, artinya pemerintah mengakui keberadaan pesantren sebagai lembaga yang ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan sebagai benteng moral bangsa,” kata Ketua DPC PKB Kabupaten Tegal A Firdaus Assyairozi.

Dikatakan, dengan ditandatanganinya Perpres 82 itu, Undang-undang (UU) Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren sudah bisa dijalankan. Dalam Perpres itu, mengatur tentang dana abadi pesantren, yaitu dana yang dialokasikan khusus untuk pesantren dan bersifat abadi untuk menjamin keberlangsunga pengembangan pendidikan pesantren yang bersumber dan merupakan bagian dari dana abadi pendidikan sebesar 20 persen dari APBN. Pesentrean akan terus mendapatkan anggaran kedepannya, walaupun Presiden berganti-ganti.

“Ini juga sebagai kado indah Hari Santri yang telah ditetapkan pemerintah setiap 22 Oktober,” ujarnya.

Dijelaskan, Perpres 82 harusnya disingkronkan dengan Pemerintah Daerah melalui Perda, sehingga tidak hanya dialokasikan di APBN, tapi juga dianggarkan dalam APBD. Kendati selama ini pesantren masih bisa berdiri tanpa bantuan pemerintah, namun dengan adanya aturan tersebut diharapkan pesantren semakin maju dan berkembang pesat.

“PKB sangat berterimakasih kepada Presiden Jokowi yang telah komitmen untuk mendukung keberadaan pesantren,” pungkasnya. (T05-Red)

BERITA LAINNYA