Take a fresh look at your lifestyle.

Perpani Kota Tegal Fokus Persiapan Popda Provinsi

185

TEGAL – Tim pelatih dari Persatuan panahan Indonesia (Perpani) Kota Tegal terus fokus melakukan persiapan untuk mengikuti Pekan olah raga pelajar daerah (Popda) tingkat Provinsi Jawa Tengah. Ada sekitar 15 orang atlet yang dipersiapkan untuk maju Popda provinsi yang terbagi menjadi tiga divisi.

“Perpani Kota Tegal akan mengirim semua jenjang pendidikan, SMA compound putri satu orang,
SMP recurve putra dua orang, recurve putri dua dan compound putra satu orang. Untuk jenjang SD kategori busur standar nasional putri tiga orang,
compound putra tiga orang dan compound putri tiga orang,” ujar Ketua Perpani Kota Tegal, Satori, kemarin.

Dia mengatakan, persiapan untuk maju ketingkat provinsi sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu. Pertama dilakukan seleksi Popda Kota pada bulan September 2019 lalu yang diikuti atlet atlet dari berbagai sekolah di Tegal pada semua jenjang pendidikan. Mereka yang juara Popda tingkat kota selanjutnya di seleksi berdasarkan nilai capaian atau scooring. Bahkan untuk mengontrol setiap atlet, dilakukan scooring setiap minggu, bahkan scooring juga dilakukan setiap hari pada saat latihan. Hal itu dilakukan untuk melihat perkembangan atlet sejauh mana peningkatannya. Apabila atlet yang berada di Pelatihan daerah (Pelatda) Panahan Kota Tegal mampu mencapai score minimal 300 poin, maka yang bersangkutan akan di berangkatkan untuk mengikuti Popda provinsi. Latihan rutin digelar setiap hari, khususnya usai sekolah, selain untuk memupuk ketrampilan atlet, melalui kegiatan panahan tersebut bisa menghindari kegiatan negatif yang berbahaya untuk mereka.

“Target dalam Popda provinsi yaitu minimal seperti tahun kemarin, dimana kita bisa memberikan tiga medali perunggu di cabor panahan pada Popda SD. Untuk mewujudkan hal tersebut, latihan yang dilakukan antara lain, latihan fisik, body form, menyempurnakan tehnik dan mengasah mental agar terbentuk mental mental juara,” tandasnya.

Ia mengatakan, para atlet panahan latihan rutin di lapangan PPIB Kota Tegal.Dukungan penuh selalu diberikan oleh pihak Pemerintah Kota, melalui Dinas Pemuda dan Olah raga. Bahkan dari dinas memberikan quota banyak pada atlet panahan untuk mengikuti Pelatihan Atlet Pelajar (PAP).(H77/Red_03)

BERITA LAINNYA