Take a fresh look at your lifestyle.

Perkuat Ekonomi Desa, BUMMAS Baraya Kubangsari Diresmikan

165

BREBES – Badan Usaha Masyarakat (BUMMAS) Baraya Sejahtera Desa Kubangsari, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, diresmikan, kemarin. Peresmian BUMMAS yang didukung Rumah Zakat itu, sebagai upaya memperkuat ekonomi masyarakat pedesaan. Peresmian dilaksanakan di salah satu rumah pengurus, dengan dihadiri  perwakilan dinas koperasi dan UMKM Kab. Brebes, Pihak Kecamatan Ketanggungan, Perangkat desa dan tim Rumah Zakat Pusat.

Neni, relawan Desa Kubangsari menjelaskan,  BUMMAS merupakan sebuah lembaga yang nantinya menaungi kegiatan usaha produktif anggotanya. Berasal dari masyarakat, dikelola oleh masyarakat dan hasilnya untuk masyarakat. Adanya BUMMAS diharapkan dapat lebih banyak lagi masyarakat yang dapat merasakan manfaat program pemberdayaan dari Rumah Zakat, terutama dalam bidang ekonomi. “Kedepan kami targetnya dapat membentuk koperasi,” ujarnya.

Kepala Cabang Rumah Zakat Cirebon, Iman Handiman mengatakan, peresmian BUMMAS itu merupakan wujud dari komitmen Rumah Zakat dalam membantu pembangunan dan memberdayakan desa. “Harapan kami dengan program pemberdayaan ini, di desa banyak tumbuh peluang usaha dari warga. Sehingga orang dari desa ga usah ke kota untuk sekedar mencari pekerjaan, karena nantinya di desa juga banyak peluang usaha yang bisa dimanfaatkan,” ungkapnya.

Perwakilan Dinas koperasi dan UMKM Kabupaten Brebes, Suparti mengatakan, memberikan apresiasi atas kegiatan pemberdayaan yang dilakukan Rumah Zakat. Langkah itu dapat mendorong kemandirian masyarakat desa. “Saya dari dinas membuka kerjasama seluas-luasnya untuk BUMMAS Baraya Sejahtera, baik dalam pembinaan ataupun pemanfaatan peluang-peluang program,” katanya.

(Bayu Setiawan-red)

BERITA LAINNYA