Take a fresh look at your lifestyle.

Peringati HPSN, Karang Taruna Sigedong Ajak Pemdes Gelar Aksi Besih Lingkungan

68

BUMIJAWA – Karang Taruna Desa Sigedong berjasama dengan Pemerintah Desa Sigedong beserta warga masyarakat dan komunitas setempat melaksanakan kegiatan Aksi Sosial Bersih Lingkungan dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Minggu (21/2).

Kegiatan HPSN  diawali dengan kegiatan bersih sampah di lingkungan rumah tangga yang dikoordinir RT masing-masing, tempat ibadah serta lembaga pendidikan.
Kegiatan tersebut juga bersamaan dengan jadwal penarikan bank sampah yang dikelola karang taruna, sehingga menambah semangat warga dalam melaksanakan kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional tahun ini.

Turut dalam kegiatan tersebut sejumlah komunitas , diantaranya Banser, IPPNU, Bosapala, Jlag Jlug, PKK, Bokapala, Balarata, Tim KKN IAIN Salatiga, RT, RW serta didukung penuh DLH Kabupaten Tegal dan Pemdes Desa Sigedong.

Ketua Karang Taruna Tunas Mandiri Desa Sigedong Bambang Hariyanto menyampaikan, kegiatan tersebut bertujuan
meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat desa dalam pengelolaan sampah, sekaligus dalam rangka mensukseskan program Merdeka Sampah Kabupaten Tegal yang akan dilaunching bulan Maret 2021.

“Selain itu, aksi kebersihan massal ini juga untuk mencegah terjadinya banjir, karena tumpukan sampah yang melimpah dapat menyebabkan tersumbatnya saluran air,”jelas Bambang.

Bambang berharap, kegiatan ini menjadikan warga semangat agar lebih peduli terhadap lingkungan.

“Peringatan HPSN juga mendorong kita untuk mengubah pola pikir lebih maju dan mandiri sekaligus bekerja cerdas dalam pengelolaan sampah. Sampah itu Kawanmu Bukan Lawanmu,” tutur Bambang.

Menurutnya, manakala sampah menjadi lawan, maka dengan mudahnya warga akan abai pada sampah yang bisa saja menjadi musibah. Sebaliknya saat sampah dijadikan kawan, warga  akan memperlakukan sampah secara baik dan benar. Tentu hal ini membutuhkan upaya bersama, bagaimana sampah itu dari lawan menjadi kawan, dari berbahaya menjadi manfaat.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Sigedong Damirin menyampaikan bahwa masyarakat tidak bisa menggantungkan pengelolaan sampah kepada pemerintah saja. Semua bergantung pada cara tindak bersama. Perlu keterlibatan dan kesadaran seluruh elemen masyarakat dalam hal ini. Semua orang harus bertanggung jawab terhadap lingkungannya.

BERITA LAINNYA