Take a fresh look at your lifestyle.

Peringatan May Day, SAFE Seas Project Dorong Lahirnya Serikat Buruh AKP di Tegal

102

KRAMAT, smpantura.com – Hari Buruh (Mayday) 1 Mei 2021 menjadi momentum lahirnya Serikat Buruh Awak Kapal Perikanan (AKP) di Tegal. Hal itu hasil inisiasi SAFE Seas Projec bersama Organisasi Pusat Informasi dan Layanan Awak Kapal Perikanan (PILAKP) Tegal saat menggelar acara peringatan May Day yang dibalut dalam acara buka puasa bersama di Ndalem Benawa Kramat, Kabupaten Tegal, Sabtu (1/5).

Direktur SAFE Seas Project Nono Sumarsono mengatakan pembentukan serikat buruh adalah penegasan bahwa AKP merupakan bagian dari pemangku kepentingan yang memiliki peran strategis untuk memperjuangkan perlindungan dan kesejahteraan AKP Indonesia.

“Yayasan Plan International Indonesia atau Plan Indonesia melalui SAFE Seas Project sangat mendukung, bahkan mendorong lahirnya serikat buruh ini agar ke depannya kita bisa duduk bersama secara egaliter dalam perjuangan untuk melindungi dan menyejahterakan AKP Indonesia,” kata Nono.

Ketua PILAKP Tegal Wanardi mengungkapkan, Serikat Buruh Awak Kapal Indonesia dibentuk untuk melindungi dan meningkatkan kesejahteraan AKP di Indonesia. Kelahiran serikat buruh ini juga untuk menguatkan pencegahan atas tindak pidana praktik eksploitasi kerja paksa dan perdagangan orang atau disebut juga forced labor and trafficking in person (FL/TIP) terhadap AKP asal Indonesia yang masih terus terjadi.

“Ini momentumnya sangat tepat, yaitu Hari Buruh Internasional. Kami mendirikan serikat buruh ini karena kami sangat membutuhkan perlindungan dan kami ini bagian dari nelayan Indonesia yang memiliki hak untuk hidup sejahtera dari samudera Indonesia,” ujar Wanardi di sela-sela acara deklarasi.

Wakil Bupati Tegal, Sabilillah Ardie turut hadir secara virtual di acara deklarasi serikat buruh AKP Tegal ini. Ardie menyambut baik inisiatif yang diambil PILAKP bersama SAFE Seas Project. Ardie mengakui, masih banyak hak-hak AKP yang harus diperjuangkan dan serikat pekerja AKP bisa menjadi wadah bagi para AKP untuk mensejahterakan AKP.

“Saya menyadari, AKP kerap menghadapi banyak masalah, baik sebelum bekerja di laut, saat bekerja di laut ataupun sepulang dari bekerja. Karena itu ketika ada keinginan dari teman-teman AKP untuk mendirikan serikat AKP, saya setuju. Saya bahkan bersedia menjadi deklarator bersama teman-teman AKP untuk bisa memperjuangkan nasib AKP. Saya berharap Pemkab Tegal bisa bekerja sama PILAKP, SAFE Seas Project,” ujar Ardie. (T05-red)

BERITA LAINNYA