Take a fresh look at your lifestyle.

Peringatan bulan K3, BPJAMSOSTEK Tegal bagikan safety kit

49

TEGAL – Berbagai cara dilakukan untuk mencegah Covid-19. Sebab virus ini sudah mewabah dan merenggut nyawa 2,24 juta orang di dunia. Di Indonesia ada 30.581 orang yang tewas akibat virus ini.

Banyak orang berupaya keras melindungi diri agar terhindar dari virus yang mematikan ini, BPJAMSOSTEK Tegal misalkan, memberikan Corona safety kit berupa masker dan hand sanitizer, kepada perusahaan binaan dan pekerja terdaftar yang berada di area Kota Tegal

Masker berfungsi mencegah droplet yang mengandung Covid-19 dari air liur penggunanya menyebar ke udara dan dihirup orang lain. Juga untuk menghindari diri si pengguna masker terpapar droplet atau nafas orang di sekitarnya.

Ketika seseorang yang menderita Covid-19 batuk atau menghembuskan napas, mereka melepaskan percikan cairan yang terinfeksi. Jika orang berdiri dalam jarak satu meter dari seseorang dengan Covid-19, mereka dapat terkena, karena menghirup percikan-percikan yang keluar lewat batuk atau dihembuskan oleh mereka.

Selain itu, sebagian besar percikan ini jatuh pada permukaan dan benda di dekatnya—seperti meja kerja, meja perabot atau telepon. Orang-orang dapat menangkap Covid-19 dengan menyentuh permukaan atau benda yang terkontaminasi – dan kemudian menyentuh mata, hidung atau mulut mereka. (WHO, 2020). Atas dasar inilah, protokol kesehatan berupa penggunaan masker menjadi keharusan.

Program pemberian Corona safety kit juga merupakan upaya menyemarakkan peringatan bulan kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

Setiap tahun, Indonesia memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional pada tanggal 12 Januari – 12 Februari. Berdasarkan keputusan Menteri Ketenagakerjaan tentang tema pokok bulan K3 tahun 2021 yaitu penguatan sumber daya manusia yang unggul dan berbudaya K3 pada semua sektor usaha.

Menyadari pelaksanaan K3 tidak hanya tanggungjawab pemerintah, BPJAMSOSTEK turut serta mendukung upaya peningkatan kepedulian pentingnya K3, mewakili kepala kantor cabang, Wahyu Triyasno selaku kabid kepesertaan menilai “Kegiatan ini merupakan bentuk Aksi Sosial K3 sekaligus berupaya untuk menyadarkan kepada pekerja untuk tetap mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja khususnya dalam masa pandemik COVID-19,” katanya.

Selain itu, program ini juga memberikan edukasi kepada khalayak tentang pentingnya Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Ini merupakan sistem perlindungan bagi tenaga kerja dan jasa konstruksi untuk meminimalisasi dan menghindarkan diri dari resiko kerugian moral maupun material, kehilangan jam kerja, maupun keselamatan manusia dan lingkungan sekitarnya yang nantinya dapat menunjang peningkatan kinerja yang efektif dan efisien ucap Suhedi.

Wahyu menambahkan, program berupa pemberian bantuan corona safety kit ini Selain pemberian Corona safety kit, BPJAMSOSTEK Tegal juga memberikan seruan kampanye bulan K3 dengan memasang spanduk di beberapa perusahaan binaan yang letaknya strategis.

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi tenaga kerja, dan tetap mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja serta mematuhi protokol kesehatan,” imbuhnya.

BERITA LAINNYA