Take a fresh look at your lifestyle.

Perhutani KPH Pekalongan Barat Bagikan Dana Sharing Rp 2 Miliar

232

BREBES-Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pekalongan Barat menyerahkan dana sharing produksi kayu dan non kayu kepada 83 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang ada di wilayah kerjanya (Kabupaten Tegal, Brebes dan Pemalang), Rabu (1/7).

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Wakil Administratur/KSKPH, Hartanto, di Wana Wisata Gunung Geulis Leraning Center (GGLC) kepada perwakilan LMDH. Pembagian dana sharing ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan.

Dalam sambutannya, Hartanto yang hadir mewakili Administratur/KKPH Pekalongan Barat mengatakan, pada tahun 2020 ini dana sharing yang dibagikan langsung dua tahun dengan jumlah hampir Rp 2 miliar.

Yakni sharing tahun 2017 sebesar Rp 1.045.822.000 dan tahun 2018 sebesar Rp 913.790.366, dari hasil produksi kayu dan getah pinus.

“Jumlah sharing yang besar ini diharapkan masyarakat sekitar hutan yang tergabung dalam LMDH dapat memanfaatkannya dengan baik,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia juga menekankan kepada LMDH untuk menggali dan mengotimalkan potensi wisata dan hortikultura, sehingga LMDH tidak hanya berharap dari dana sharing kayu.

Ketua LMDH Damarjati Desa Gununglarang, Kecamatan Salem Kabupaten Brebes Rapu Handoyo yang mewakili LMDH dalam acara tesebut, mengucapkan terima kasih kepada Perum Perhutani KPH Pekalongan Barat.

“Terima kasih kepada Perhutani KPH Pekalongan Barat  atas pembagian sharing ini. Pembagian sudah kami tunggu-tunggu ditengah kesulitan ekonomi karena Covid-19,”tuturnya. (Sari/Red-06)

 

 

BERITA LAINNYA