Take a fresh look at your lifestyle.

Perbaikan Jalan Clirit dan Jembatan Kaligintung Ditarget Selesai Sebelum Lebaran

160

SLAWI,smpantura.com – Perbaikan jalan Clirit di Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang dan Jembatan Kaligunting, Desa Batuagung, Kecamatan Balapulang ditargetkan selesai sebelum lebaran.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal, Jaenal Dasmin menyebutkan, perbaikan yang dilakukan oleh BPBD Kabupaten Tegal di Jalan Clirit maupun Jembatan Kaligintung merupakan perbaikan tanggap darurat dan bersifat semi permanen. Selanjutnya akan diselesaikan oleh Dinas Pekerjaan Umum.

“Untuk tanggap darurat hanya sebatas pekerjaan semi permanen. Harapan kami tanggal 20 Ramadan sudah selesai, nanti finishingnya diselesaikan Dinas Pekerjaan Umum (DPU),”jelasnya, Senin (12/4).

Jaenal menyebutkan, upaya perbaikan di Jalan Clirit langsung dilakukan setelah jalan tersebut amblas pada Februari lalu. Perbaikan yang dilakukan sudah mencapai 89, 84 persen.

Menurutnya, kondisi jalan lama saat ini sudah mapan, sedangkan jalan baru yang dibangun, urugannya belum mapan. Hal ini dikarenakan masih terjadi pergeseran tanah di lokasi tersebut.
Jaenal mengatakan, untuk perbaikan tanggap darurat di Jalan Clirit, BPBD akan memakai materi cement treted base (CTB)

Sementara itu, perbaikan Jembatan Kaligintung Desa Batuagung sudah mulai dilakukan sepekan lalu. Jembatan yang menghubungkan Desa Batuagung dengan Desa Cenggini ini mengalami longsor pada Maret lalu dan putus awal April lalu.

“Kaligintung sudah 40 persen. Urugan sudah selesai, tinggal selimut abutmen, kemudian diselimuti bronjong dan terakhir saluran yang mengalirkan dari sawah yang tidak beraturan, setelah itu selesai. Sebelum lebaran sudah bisa dilalui termasuk Jalan Clirit,”jelasnya.

Jaenal mengatakan untuk perbaikan Jalan Clirit dianggarkan dana Rp 2,7 miliar dan untuk perbaikan Jembatan Kaligintung sekitar Rp 650 juta.

Bupati Tegal Umi Azizah juga menegaskan hal sama. Dia menargetkan perbaikan Jalan Clirit, Jembatan Kaligintung dan jalan yang masih berlubang selesai sebelum hari raya lebaran. Terkait perbaikan Jalan Clirit, Umi mengatakan, kondisi terkini masih terjadi pergeseran.

“Artinya jangan sampai pembenahan yang kita lakukan muspro. Disesuaikan dengan geologi, kondisi tanah, kestabilan tanah sekitar, sambil kita lakukan pemadatan,”sebutnya.

Umi menegaskan pemerintah berkomitmen agar masyarakat Kabupaten Tegal nyaman dalam berkegiatan, infrastruktur bagus, meskipun dlam kondisi anggaran terbatas. Ini yang perlu dipahami masyarakat Kabupaten Tegal,”sebutnya

(T04-Red)

BERITA LAINNYA