Take a fresh look at your lifestyle.

Peralatan Kurang, RSUD Batang Tidak Layani Test Swab Umum

86

BATANG- Rumah Sakit Daerah (RSUD) Kalisari Batang sementara tidak melayani test rapid maupun swab bagi masyarakat umum. Pihak RSUD memberlakukan kebijakan itu karena alat hanya cukup untuk pasien yang berobat.

Hal tersebut dikatakan Kasi Pelayanan Medis, Bidang Pelayanan RSUD Batang dr Nur Hidayati Jumat, (14/8).

” Rapid dan swab test hanya untuk pasien yang berobat atau di rawat rumah sakit, karena alatnya terbatas jadi tidak menerima untuk umum,” kata dr Nur Hidayati.

Ia menjelaskan, kalau ada yang datang khusus untuk rapid tes atau swab, selalu diarahkan ke swasta semisal Lab Cito, RS Hermina dan lainnya.

Kabag TU RSUD Kalisari Batang, Sunarto menambahkan, jumlah pasien suspek Covid-19 hingga positif pada masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal justru ada peningkatan. Terakhir pihaknya mengirim 17 hasil swab. Hasilnya baru sembilan yang keluar, dengan rincian tujuh positif dan dua negatif.

” Kalau sejak awal pandemi, baik PDP atau positif, kami sudah merawat 115 pasien,” jelasnya.

RSUD juga menerapkan protokol kesehatan ketat sesuai dengan standat operasional prosedur (SOP) bagi setiap pasien yang berobat ke rumah sakit. Protokol kesehatan, sudah diterapkan sejak pendaftaran online. RSUD melakukan screening melalui pertanyaan, kemudian kembali screening saat berobat di rumah sakit.

” Jika ada yang menunjukkan gejala, maka tempat tunggu pasien di tempat khusus yang terpisah,” katanya. (Trisno Suhito-red7)

BERITA LAINNYA