Take a fresh look at your lifestyle.

Penyekatan Tekan Pemudik Pulang Kampung Hingga 50 %

153

BREBES – Upaya Pemkab Brebes mendirikan posko pemantauan di sejumlah titik untuk penyekatan terhadap para pemudik yang akan pulang kampung, ternyata mampu menekan kepulangan mereka ke kampung halaman hingga 50 persen. Langkah itu diterapkan menyusul adanya kebijakan larangan mudik, dalam upaya pencegahan penyebaran virus korona (covid-19).

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Brebes, Djoko Gunawan mengatakan, sejumlah posko sudah didirikan dan difungsikan di sejumlah titik. Yakni, di Jalur Pantura Desa Kecipir, Exit Tol Pejagan, Exit Tol Brebes Barat dan Exit Tol Brebes Timur. Posko itu berfungsi untuk memeriksa para pemudik yang akan pulang kampung. Mereka yang nekat mudik oleh petugas langsung di putar balik ke daerah asal. “Dari upaya ini, kita mampu menekan masuknya pemudik ini. Jika sebelum posko didirikan rata-rata ada sekitar 5.000 orang pemudik per hari yang pulang ke Brebes. Namun sekarang berkurang hanya 2.000 orang pemudik per hari,” ujarnya.

Menurut dia, pagi masyarakat yang memiliki Kartu Tanda Pendidik (KTP) Kabupaten Brebes memang masih diperbolehkan masuk wilayah. Namun bagi yang tidak miliki KTP Brebes langsung diputar balik petugas. “Sudah banyak pemudik yang diputar balik petugas,” tandasnya.

Lebih lanjut dia menghimbau, para pemudik untuk tidak pulang kampung dan mematuhi semua himbauan pemerintah. Sehingga, covid-19 bisa cepat tertangani.

(Setiawan-red2)

BERITA LAINNYA