Take a fresh look at your lifestyle.

Pensertifikatan Tanah Warga Harus Jadi Prioritas

175

TEGAL – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tegal, Habib Ali ZA meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal memprioritaskan pensertifikatan tanah warga yang menempati lahan milik Pemerintah.

“Anggaran program pensertifikatan warga Kota Tegal yang menempati tanah Pemkot, akan dikembalikan ke APBD ubahan 2020. Dari sebelumnya anggaran tersebut direalokasi untuk penanganan Covid-19,” ujar Habib Ali saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (6/7) siang.

Pihaknya menghendaki, kegiatan pensertifikatan tanah tetap berjalan dengan memprioritaskan warga yang telah menempati lahan milik Pemkot Tegal. Termasuk pula, pihaknya berharap Pemkot dapat memfasilitasi pensertifikatan warga yang menghuni pada lahan milik PT KAI dan Pelindo.

Habib Ali berharap, Pemkot Tegal bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk melakukan konsolidasi agar sesuai dengan jadwal. Jika nantinya BPN tidak mempu menyelesaikan pensertifikatan tanah tahun ini, maka diminta untuk bisa berlanjut pada 2021.

“Jika ternyata BPN tidak mampu menyelesaikan, maka dilanjut pada 2021. Selain tanah milik Pemkot, yang menempati tanah Pelindo dan PT KAI juga harus diperjuangkan. Kami berharap Pemkot bisa melakukan pendekatan.

Dalam kesempatan tersebut, Habib Ali menambahkan perlunya memberdayakan masyarakat, khususnya RT/ RW untuk ikut membantu menyukseskan program pemerintah. Sehingga, OPD yang melakukan validasi data, dapat memiliki data yang akurat. (Haikal/ red10)

BERITA LAINNYA