Take a fresh look at your lifestyle.

Pengunjung Meningkat, Obyek Wisata Guci dan Purin Ditutup Sementara

85

BUMIJAWA,smpantura.com – Mengantisipasi penyebaran dan penularan virus Covid-19 , sejumlah obyek wisata diKabupaten Tegal ditutup sementara, Minggu (16/5). Salah satu destinasi wisata yang ditutup Daya Tarik Wisata(DTW) Guci , Kecamatan Bumijawa.

DTW Guci ditutup sejak pukul 09.30. Penutupan dipimpin oleh Kapolres Tegal AKBP Muhammad Iqbal Simatupang dan Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar.

Calon pengunjung yang sudah terlanjur naik diminta untuk putar balik. Untuk mengantisipasi membeludaknya pengunjung DTW Guci, Polres Tegal melakukan penyekatan di sejumlah jalur menuju Guci, mulai dari Yomani , Kecamatan Lebaksiu hingga Tuwel, Kecamatan Bojong.

Kapolres Tegal AKBP Muhammad Iqbal Simatupang menjelaskan, penutupan sementara DTW Guci dilakukan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19. Menurut Iqbal, eskalasi pengunjung Guci semakin meningkat , sehingga dikhawatirkan terjadi kerumunan di tempat wisata tersebut.

“Kami bersama Dandim, Pemda dan Gugus Tugas, sepakat bahwa guna menekan penyebaran Covid-19, perlu dilakukan penutupan sementara. Karena jumlah pengunjung semakin meningkat , dan dikhwatirkan bila tidak ada kontrol, nanti menyebabkan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tegal akan semakin tinggi,”jelasnya.

Kapolres menyebutkan, penutupan DTW Guci bersifat sementara. Selain Guci, penutupan sementara juga dilakukan di Obyek Wisata Purwahamba Indah dan Rodjo Tater Bogares, Kecamatan Pangkah.

Pada kesempatan tersebut, Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar mengingatkan kepada pengunjung tempat wisata agar mematuhi protokol kesehatan, diantaranya wajib memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak .

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tegal Saidno mengatakan, pengunjung Guci didominasi warga lokal. DTW Guci memberlakukan pembatasan jumlah pengunjung yang masuk di kawasan wisata tersebut.

Saidno mengatakan, DTW Guci mulai banyak dikunjungi wisatawan sejak Jumat (14/5). Berikutnya pada Sabtu (15/5) ada sekitar 5.000 pengunjung.

“Secara keseluruhan ada 5.000 pengunjung. Kami berlakukan sistem buka tutup, karena pengunjung dibatasi 3.000 orang.

Guna mencegah penyebaran Covid-19, Saidno mengatakan, pada Sabtu (15/5) dan Minggu (16/5) dilakukan pemeriksaan rapid antigen terhadap calon pengunjung Guci oleh Puskesmas Bumijawa dan Urkes Polres Tegal. Pada Sabtu (15/5) pemeriksaan dilakukan terhadap 26 calon pengunjung . Dari pemeriksaan yang dilakukan semuanya menunjukkan hasil negatif.

Saidno mengatakan, selain Guci, obyek wisata lain yang juga ditutup sementara adalah Purwahamba Indah di Suradadi dan Rodjo Tater di Pangkah. (T04-RED)

BERITA LAINNYA