Take a fresh look at your lifestyle.

Pengibaran Bendera Tersendat Saat Peringatan Hari Santri di Brebes

144
  • Akibat Tali Tiang Bendera Macet

BREBES – Proses pengibaran bendera merah putih saat dilaksanakannya upacara peringatan Hari Santri di Alun-alun Kabupaten Brebes, Selasa (22/10), tersendat. Petugas pengibar bendara tidak bisa menaikkan bendera merah putih. Ini terjadi akibat tali pada tiang bendera macet. Kondisi itu membuat panik para tamu undangan dan peserta yang hadir.

Lantaran bendera merah putih tidak bisa dikibarkan, pihak panitia akhirnya mengganti dengan bendera merah putih lain yang dipasang dengan tiang kecil dan diletakan di samping tiang bendera utama. Ketua Panitia Hari Santri, Ahmad Ma’mun saat dikonfirmasi mengatakan, kejadian itu disebabkan kelalaian panitia hingga menyebabkan petugas pengibar mengalami kendala saat mengibarkan bendera merah putih. Sebelum pelaksanaan upacara, panitia tidak melakukan pemeriksaan terhadap tiang bendera, termasuk kondisi tali. “Murni kelalalaian kami sebagai panitia. Kami lupa mengecek bendera, apakah sudah dipasang apa belum,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, proses pengibaran itu sebenarnya bukan bagian dari rangkaian upacara Hari Santri. Upacara Hari Santri tidak ada tahapan pengibaran bendera merah putih layaknya upacara 17 Agustus. Namun saat peserta upacara sudah kumpul dan akan dimulai, ternyata bendera merah putih belum dikibarkan. Sehingga, secara spontan bendera merah putih dikibarkan oleh tiga petugas. “Lantaran bendera merah putih belum terpasang, sehingga kami spontan mengibarkan bendera merah putih oleh tiga petugas. Proses ini sebenarnya tidak ada dalam upacara peringatan Hari Santri,” jelasnya yang juga menjabat Kabag Kesra Setda Pemkab Brebes.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA