Take a fresh look at your lifestyle.

Pengendara Tak Berhelm di Tegal Jadi Sasaran

131

* Operasi Zebra Candi 2019 Polres Tegal Kota

TEGAL – Pengendara maupun pembonceng sepeda motor yang tak berhelm, bakal menjadi sasaran penindakan dalam Operasi Zebra Candi 2019, yang mulai digelar pada Rabu (23/10) hingga Selasa (5/11).

Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSi melalui Kasat Lantas AKP Ben Aras mengatakan, ada tujuh sasaran penindakan dalam kegiatan operasi tersebut. Selain soal helm, juga berkait dengan kelengkapan surat-surat kendaraan.

             AKP Ben Aras

Kemudian pelanggaran rambu lalu lintas, marka jalan maupun alat pengatur lalu lintas lainnya. Pelanggaran lain yang menjadi sasaran adalah batas kecepatan kendaraan dan knalpot yang tak sesuai ketentuan apalagi bersuara pekak.

”Juga tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB). Termasuk pulan penggunaan sirine atau lampu rotator bagi kendaraan barang maupun angkutan penumpang. Bahkan kalau ada yang nekat memasang lampu strobo, juga akan kami tindak,” tandas AKP Ben Aras.

Menaati Aturan

Pada intinya, selama operasi berlangsung, pihaknya berharap agar pengguna jalan atau dalam berlalu lintas, harus menaati aturan dalam berkendara. Jangan sampai ada pelanggaran.

Pihaknya tak akan kompromi bagi setiap pelanggaran yang ditemui di lapangan. Sebab kecelakaan lalu lintas, banyak terjadi dari kebiasaan pelanggaran yang kecil, kemudian berdampak melakukan pelanggaran yang lebih besar lagi.

Kegiatan operasi yang mengusung semboyan ”Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan, Keselamatan Untuk Kemanusiaan”, menurut dia, membutuhkan dukungan masyarakat luas.

”Kami ingin tidak ada lagi pelanggaran lalu lintas, dan tentu saja tidak terjadi kecelakaan fatal yang diakibatkan human error atau terpicu dari kebiasaan melakukan pelanggaran,” ucap dia, yang berharap kegiatan operasi tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas dan mengurangi kecelakaan.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA