Take a fresh look at your lifestyle.

Penerapan New Normal di Pemalang Dievaluasi

110

PEMALANG – Penerapan protokol kesehatan dalam tatanan kehidupan baru atau new normal di masyarakat di Kabupaten Pemalang dimontoring dan dievaluasi oleh tim gabungan. Tim ini dipimpin oleh Wakil Bupati Martono masuk ke Pasar Pagi Pemalang, Yogya Mall dan pabrik garment Daiwabo, Rabu (8/7).

Martono menjelaskan pemantauan ke Pasar Pagi Pemalang menjumpai pengunjung dan pedagang pasar yang sudah menerapkan protokol kesehatan.

“Di pasar sudah ada fasilitas tempat cuci tangan kemudian masyarakat yang beraktifitas juga sudah mengenakan masker,”kata Martono.

Sementara di Yogya Mall selain tersedia fasilitias cuci tangan dan alat ukur suhu tubuh pengunjung, pengelola juga mengatur jarak pengunjung yang antri membayar di kasir.

Protokol kesehatan lainnya adalah memberikan warna merah pada beberapa anak tangga eskalator.

Dengan pewarnaan tersebut pengunjung yang naik eskalator secara otomatis jaraknya terjaga dengan pengunjung lainnya.

Setelah mengunjungi Yogma Mall Wakil Bupati beserta rombongan yang terdiri atas Kapolres AKBP Rony Setyawan Tri Nugroho, Dandim Letkol Inf Irvan Christian Tarigan dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bertolak ke pabrik garment Daiwabo di Kecamatan Ampelgading.

Di pabrik tersebut diketahui bahwa protokol kesehatan juga diterapkan bagi karyawannya. Hanya saja di masa pandemi ini pabrik akan mengurangi karyawan secara alami.

Head Officer PT Daiwabo Riski Nuansa Hadyan menjelaskan Pandemi Covid-19 saat ini belum berdampak pada produksi sandang.”Saat ini masih stabil sekitar 5.000 pcs, ke depan kami perkirakan akan ada penurunan produk sekitar 200-300 pcs,”ujarnya.

Karena itu dalam beberapa bulan ke depan perusahaan yang produknya diekspor ke Jepang dan Amerika itu akan mengurangi jumlah karyawan secara alami. Yaitu bagi karyawan yang sudah selesai masa kontraknya tidak akan diperpanjang lagi.

Adapun penerapan protokol kesehatan bagi perusahaan sudah diawali sejak Pandemi berjalan dengan berkoordinasi ke pemerintah. Perusahaan lanjut dia disemprot disinfektan, menyediakan alat ukur suhu tubuh, karyawan mengenakan masker dan menjaga jarak. Sejauh ini karyawan Daiwabo tidak ada yang terpapar Covid-19.(Ali Basarah)

BERITA LAINNYA