Take a fresh look at your lifestyle.

Pendaftar CPNS Capai 7.737

202

PEMALANG – Pendaftar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kabupaten Pemalang formasi tahun 2020 mancapai sebanyak 7.737 orang. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemalang, Sugiyanto mengatakan ribuan pendaftar tersebut akan menjalani tes tertulis setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi.

“Mereka akan menempuh seleksi kompetensi dasar (SKD) yang akan diselenggarakan di gedung Serba Guna, Pemalang pekan depan tanggal 12 Februari 2020,”kata Sugiyanto, kemarin.

Dalam SKD tersebut lanjut dia pendaftar CPNS melaksanakannya dengan sistem computer assisted test (CAT). Adapun materinya meliputi tes karakteristik pribadi, intelegensi umum dan wawasan kebangsaan.

Pada ketiga materi tersebut peserta yang dinyatakan lulus harus memenuhi batas skor yang sudah ditentukan. Masing-masing materi memiliki batas skor terendah yang berbeda-beda.

Kemudian untuk menyelenggarakan CAT, BKD lanjut Sugiyanto menyiapkan 250 komputer dari ketentuan sebanyak 220 komputer. Peserta akan dibagi dalam beberapa gelombang setiap harinya.

“Dalam melaksanakan CAT peserta seleksi CPNS ini tidak bisa diwakilkan, kami sudah siapkan langkah antisipasi kemungkinan terjadinya joki,”ujarnya.

Langkah tersebut salah satunya adalah memeriksa e-KTP peserta seleksi. Lalu memberikan nomor identifikasi personal atau PIN untuk membuka soal SKD mendekati pelaksanaan tes.

BKD juga menyiapkan alat pendeteksi untuk mencegah peserta membawa barang-barang yang dimungkinkan akan membantunya dalam mengerjakan soal CAT.Pemeriksaan dilakukan di depan pintu masuk.

Adapun ketentuan lain dalam pelaksanaan SKD ini adalah peserta diwajibkan mengenakan pakaian yang rapi dan sopan. Peserta yang mengenakan pakaian seronok akan ditolak masuk dengan alasan dapat mengganggu konsentrasi peserta lainnya.

BERITA LAINNYA