Take a fresh look at your lifestyle.

Pemudik Pemula Meningkat, Polres Tegal Lakukan Penyekatan di Rest Area KM 275

125

SLAWI,smpantura.com – Meski Pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid-19 telah memberlakukan pengetatan mobilitas Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) mulai 22 April 2021, namun faktanya tidak sedikit masyarakat yang masih mencoba-coba untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman di tengah pandemi corona (Covid-19).

Hal ini terlihat pada saat tim gabungan Polres Tegal melakukan skrining dan penyekatan di Rest Area KM 275 Penarukan, Adiwerna, Tol Pejagan-Pemalang, Senin (26/4). Sejumlah pengendara yang diberhentikan mengaku melakukan perjalanan untuk pulang ke kampung halaman. Seperti diungkapkan Alex (41) salah seorang pengendara yang mengaku melakukan perjalanan dari Majalengka ke Tegal.

“Saya mau pulang kampung, kerjaan sudah libur. Sudah sering bolak-balik Majalengka ke Tegal, dan sudah sering tes antigen,”ujarnya.

Dalam kegiatan skrining tersebut, tim gabungan menjumpai seorang warga negara asing yang hendak pulang ke negara China. Namun, karena adanya larangan mudik, WNA tersebut harus putar balik kembali ke Batang tempatnya bekerja.

Dalam kegiatan skrining tersebut, tim gabungan tak hanya menanyakan identitas pengendara kendaraan, tapi juga tujuannya. Selain itu memeriksa kelengkapan dokumen berupa surat jalan dan surat keterangan hasil tes Covid-19.

Pengendara yang tidak memiliki surat jalan diimbau untuk kembali ke daerah asalnya. Bagi yang belum memikiki surat keterangan hasil tes Covid-19 diarahkan untuk menjalani pemeriksaan rapid tes antigen yang dilakukan tim kedokteran dan kesehatan (Dokkes) Polres Tegal di rest area tersebut.

Tim gabungan yang terdiri atas personel Satlantas, Satsabhara dan TNI itu, juga melakukan sosialisasi laranga mudik kepada pengunjung rest area. Mereka membagikan stiker, brosus, masker dan hand sanitizer.

Kapolres Tegal AKBP Muhammad Iqbal Simatupang melalui Wakapolres Tegal Kompol Didi Dewantoro mengatakan, dengan berakhirnya Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi (OKLLC) 2021 pada 25 April 2021, Polres Tegal tetap melaksanakan pengamanan di pos lantas tangguh dan rest area tangguh. Tujunnya untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Tegal AKP Dwi Himawan Chandra mengatakan, peningkatan pemudik pemula terlihat pada Jumat (23/4) hingga Minggu (25/4). Hal ini salah satunya terpantau dari meningkatkan pengunjung di Rest Area KM 275 A.

“Sejak Jumat, Sabtu dan Minggu kemari, untuk Rest Area KM 275 A pengunjungnya terlihat mengalami peningkatan, “sebutnya.

Guna menghindari terjadinya kerumunan, pihaknya melakukan pembatasan pengunjung di rest area tersebut. Selain itu, pengunjung rest area diimbau selalu menjaga jarak. “Kami membatasi pengunjung 50 persen dari kapasitas yang ada. Apabila telah melebihi 50 persen, akan kami arahkan untuk melanjutkan perjalanan ,”tuturnya.(T04-Red)

BERITA LAINNYA