Take a fresh look at your lifestyle.

Pemkot Tegal Perlu Membangun Gudang Cold Storage

210
  • Untuk Mestabilkan Harga Ikan

Tegal – Pemkot Tegal perlu membangun gudang pendingin ikan (cold storage) untuk menstabilkan harga dan menjaga kualitas ikan. Hal itu disampaikan anggota DPRD Kota Tegal, Rachmat Raharjo, kemarin.

Menurut dia, gudang cold storage merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kemakmuran bagi masyarakat yang selama ini bekerja di bidang perikanan, khususnya para nelayan. Sebab, keberadaan gudang cold storage sangat dibutuhkan, khususnya pada saat musim paceklik karena bisa menyimpan ikan dengan jumlah banyak. “Apabila tangkapan ikan berlimpah, penjualan di TPI pasti tersisa dan bisa disimpan dulu di cold storage biar tetap awet. Jadi saat dijual lagi kondisi ikan masih segar, harganya pun masih stabil,” jelasnya.

Rachmat mengemukakan, cold storage adalah sebuah ruangan yang dirancang khusus dengan kondisi suhu tertentu dan akan digunakan untuk menyimpan berbagai macam produk dengan tujuan untuk mempertahankan kesegarannya. “Selama ini nelayan kebingungan setiap saat tangkapan ikan yang terkadang mencapai puluhan ton akan disimpan dimana agar bisa tetap terjaga kualitas. Ya akhirnya dengan terpaksa harus dilepas dengan harga murah karena ikan tidak segar lagi,” ucapnya.

Dia menambahkan, untuk anggaran pembangunan cold storage, Pemkot Tegal bisa mengajukan usulan anggaran yang bersumber dari APBD maupun anggaran dari APBN. Apalagi pembangunan sarana itu dilakukan dengan tujuan untuk membantu masyarakat melakukan pengolahan ikan hasil tangkapan sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan dan neningkatkan ekonomi.

(Wawan Hoed / red17)

BERITA LAINNYA