Take a fresh look at your lifestyle.

Pemkot Tegal Mulai Lakukan Tahapan Pembentukan Pansel Sekda

145

TEGAL – Pemkot Tegal kini mulai melakukan tahap pembentukan keanggotaan Panitia Seleksi (Pansel) dan Penyusunan Dokumen Seleksi Terbuka untuk mengisi kekosongan jabatan Sekretaris Daerah (Sekda). Demikian disampaikan Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono dalam rapat paripurna DPRD Kota Tegal, kemarin.

“Untuk persyaratan jabatan, standar kopentensi dan rencana jadwal seleksi terbuka Sekda akan dilakukan langkah-langkah koordinasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Yakni, guna mendapatkan rekomendasi pelaksanaan seleksi,” katanya.

Hal itu disampaikan Wali Kota untuk menjawab terhadap pertanyaan dari Fraksi PDI Perjuangan terhadap persoalan tersebut. Sebelumnya, juru bicara Fraksi PDI Perjuangan, Rosalina menyatakan, pihaknya meminta agar Wali Kota Tegal segera melakukan proses seleksi Sekda definitif sesuai peraturan yang berlaku. Sebab, kekosongan jabatan tersebut sudah berlangsung lebih dari enam tahun.

“Selama kekosongan jabatan Sekda tercatat sudah lima kali jabatan Sekda Pelaksana Tugas (Plt) dan Pejabat Sementara (PJ). Apakah dalam kurun waktu kepemimpinan yang baru akan di Plt atau PJ-kan terus? ” katanya.

Menurut dia, pihaknya menyampaikan persoalan tersebut dengan tujuan agar tercipta tata kelola pemerintahan yang baik. Berdasarkan Undang – Undang (UU) No. 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 214 ayat (3) disebutkan masa jabatan penjabat sekretaris daerah paling lama enam bulan dalam hal sekretaris daerah tidak bisa melaksanakan tugas, atau, paling lama tiga bulan dalam hal terjadi kekosongan sekretaris daerah.

Selain itu, juga diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 tahun 2018 tentang pPenjabat Sekretaris Daerah, Pasal 10 ayat (1) disebutkan proses seleksi terbuka sekretaris daerah oleh kepala daerah harus sudah dimulai paling lambat lima hari kerja, terhitung sejak terjadinya kekosongan sekretaris daerah.

“Selanjutnya berdasarkan surat Gubernur Jateng tentang Persetujuan Penetapan Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tegal, memberi amanat agar segera diproses seleksi terbuka jabatan sekretaris daerah. Sebab pejabat setda yang sekarang masa jabatannya dibatasi paling lama 3 bulan,” ujarnya. (Wawan Hoed/Red2)

BERITA LAINNYA