Take a fresh look at your lifestyle.

Pemkab Tegal Gelar Lomba Logo “Menghebatkan”

215

SLAWI-Memperingati Hari Jadi ke-419 Kabupaten Tegal Tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar lomba logo. Pendaftaran lomba telah dibuka sejak 24 Februari hingga 4 Maret 2020.

Kepala Dinas Kominfo, Dessi Arifianto melalui Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo , Kusnianto mengatakan, lomba logo  mengusung tema “Menghebatkan”, yang berarti Pemerintah Kabupaten Tegal bersama rakyatnya menjadi lebih kuat dan lebih giat.

“Lomba ini untuk pertama kali dilaksanakan. Pada t ahun sebelumnya logo dibuat atau didesain oleh panitia hari jadi Kabupaten Tegal,”terang Kusnianto, Selasa (25/2).

Diadakannya lomba logo, kata Kusnianto, bertujuan untuk melibatkan partisipasi masyarakat secara luas untuk berkreasi dalam kegiatan hari jadi sehingga lebih merasa memiliki Kabupaten Tegal.

Disamping itu, lomba ini menjadi ajang latihan berkreasi warga Kabupaten Tegal khususnya di bidang seni desain grafis. Kegiatan seperti ini rencananya akan diselenggarakan setiap tahun.

Menurut Kusnianto,  logo yang dibuat peserta harus memenuhi kriteria yang ditentukan. Diantaranya, logo harus sederhana, mudah dibaca, mudah dipahami, elegan dan berkualitas .

Selain itu, mengandung makna angka  Hari Jadi  ke-419  dan ikonik Kabupaten Tegal, serta mencerminkan visi dan misi Pemkab Tegal tahun 2019-2024.

Desain logo juga harus fleksibel untuk diaplikasikan dalam bentuk logo halaman utama (cover), logo kop surat, stempel dan lain-lain.

“Logo juga tidak mengandung unsur SARA, pornografi, dan tidak bertentangan dengan norma-norma yang ada,”tutur Kusnianto.

Lomba ini, kata Kusnianto hanya diperuntukan bagi warga Kabupaten Tegal. Lomba dapat diikuti oleh perseorangan (individu) maupun kelompok.

Karya logo, kata Kusnianto, harus original, bukan merupakan saduran, tiruan, atau  jiplakan dari logo , gambar, maskot tertentu, dengan dibuktikan dengan surat pernyataan . Surat pernyataan dan informasi lomba dapat diunduh di utama.tegalkab.go.id. Setiap peserta diperbolehkan mengirim maksimal dua desain logo.

Pada lomba tersebut, peserta wajib memberikan penjelasan  atas desain logo yang dibuat ,yakni isi,arti, makna tulisan, huruf,angka dan simbol.

Untuk mengikuti lomba logo, peserta tidak dipungut biaya. Adapun desain logo dapat dikirim melalui email kepada panitia lomba, event.kominfo@tegalkab.go.id.

Enam besar pemenang  disediakan hadiah berupa  uang total senilai Rp 5,5 juta dan sertifikat.  Terbaik I mendapat hadiah Rp 1.500.000, terbaik II Rp 1.250.000, terbaik III Rp 1.000.000, terbaik IV Rp 700.000, terbaik V Rp 600.000 dan terbaik VI Rp 500.000. (Sari/Red-06)

 

 

 

 

 

 

 

BERITA LAINNYA