Take a fresh look at your lifestyle.

Pemkab Salurkan Rp 13,8 M Dana Pembinaan Bagi 22.321 Pegiat Agama

22

BREBES, smpantura.com – Pemkab Brebes menyalurkan dana pembinaan bagi 22.321 orang pegiat agama di wilayahnya. Mereka meliputi guru ngaji, guru madrasah, imam masjid, imam musholah, hafidz/hafidzah, dai/daiyah dan pengasuh pesantren. Dana pembinaan yang disalurkan itu, nilai totalnya sebesar Rp 13,8 miliar.

Penyaluran dana pembinaan tersebut dilakukan Wakil Bupati Brebes Narjo secara maraton, bersamaan dengan pembinaan dan pentasyarofan sejak 25 Agustus hingga 15 September 2021. Wakil Bupati Narjo mengaku, senang karena para pegiat agama juga menjadi contoh dalam hal vaksinasi. Mereka yang datang mengambil bisyaroh sekaligus mengikuti vaksin.

“Ini contoh yang baik, kalau pegiat agamanya sudah vaksin nanti umat juga akan mengikuti vaksin dengan senang hati,” katanya, kemarin.

Dia menjelaskan, pemberian bantuan uang pembinaan bagi pegiat agama itu merupakan program unggulan Pemkab Brebes yang tertuang dalam visi-misi Bupati Idza Priyanti dan Wakil Bupati Brebes Narjo sejak periode pertama. Hal itu diberikan sebagai wujud perhatian dan penghargaan kepada para pegiat agama karena turut serta dalam proses pembangunan Kabupaten Brebes, terutama membangun mental spiritual. “Ini kami berikan sebagai bentuk penghargaan atas kiprahnya dalam membangun daerah,” ungkapnya.

Kepala Bagian Kesra Setda Brebes, Ahmad Sekhu memaparkan, uang pembinaan yang ditasyorufkan untuk tahun 2021 sebesar Rp 13.874.350.000,- untuk 22.321 orang pegiat agama. Rinciannya, sebanyak 8.521 imam masjid/musholah, 8.576 guru ngaji, 3.499 guru madin, 768 dai/daiyah, 833 hafidz/hafidzah, dan 124 pengasuh pesantren.

Adapun besaran yang diterima masing-masing imam masjid/musholah, guru ngaji dan guru madin sebesar Rp 600 ribu. “Untuk hafidz/hafidzah Rp 750 ribu sedangkan untuk dai/daiyah dan pengasuh pesantren masing-masing sebesar Rp 1 Juta,” pungkasnya. *

(T07-red)

BERITA LAINNYA