Take a fresh look at your lifestyle.

Pemkab Didesak Sediakan Gedung Bawaslu

55

SLAWI,smpantura.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tegal mengusulkan anggaran pelaksanaan Pemilihan Kepala dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tegal pada 2024 mendatang sebanyak Rp 22 miliar (M). Besarnya anggaran itu disebabkan Bawaslu belum memiliki gedung tersendiri.

“Tidak hanya gedung, tapi alat-alat kantor juga harus menyewa. Makanya, anggaran yang diajukan tinggi,” kata Anggota Pansus V DPRD Kabupaten Tegal, M Bintang Adi Prajamukti, Rabu (7/7).

Dikatakan, Bawaslu statusnya sudah permanen seperti KPU. Oleh karena itu, Pemkab diminta untuk menyediakan gedung untuk Bawaslu. Selama ini, Bawaslu menyewa gedung untuk kegiatan kepemiluan. Selain itu, Bawaslu juga menyewa mobil, dan alat-alat kantor lainnya.

“Harusnya sudah ada gedung untuk Pemilu 2024, sehingga anggarannya tidak tinggi,” ujarnya.

Menurut dia, kendaran Bawaslu bisa disediakan dengan pengadaan yang dilakukan Pemkab Tegal. Bawaslu bisa bon pinjam kepada Pemkab, sehingga menghemat anggaran untuk sewa kendaraan. Selain itu, jika ada kantor Bawaslu, alat-alat perkantoran seperti komputer, printer dan lainnya, tidak harus sewa.

“Secepatnya harus disediakan gedung Bawaslu. Ini akan menghemat anggaran Pemkab,” pintanya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tegal, Ikbal Faisal menuturkan, pihaknya beberapa kali telah meminta kepada Bupati Tegal untuk kantor Bawaslu. Namun, hingga kini belum ada realisasinya.

“Kami berharap agar bisa secepatnya direalisasikan sebelum Pemilu 2024,” pintanya. (T05-Red)

BERITA LAINNYA