Take a fresh look at your lifestyle.

Pemkab dan Pemkot Diminta Perbanyak Testing

45

TEGAL, smpantura.com – Seluruh Pemerintah kabupaten maupun kota di Jawa Tengah diminta memperbanyak testing, tracing dan treatment (3T). Hal itu penting untuk dilakukan, guna mengetahui peta penyebaran dan jumlah kasus aktif Covid-19 yang ada di Jateng.

Permintaan tersebut disampaikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sesaat setelah memantau pelaksanaan vaksinasi masyarakat lanjut usia (Lansia) di Kelurahan Kaligangsa, Kecamatan Margadana, Kota Tegal, Kamis (10/6).

Orang nomor satu di Jateng itu meminta kepada seluruh pemkab dan pemkot untuk tancap gas melakukan vaksinasi terhadap masyarakat, khususnya lansia. Termasuk pula memperbanyak testing, tracing dan treatment atau 3T.

“Vaksinasi dan 3T ini sama saja pentingnya. Namun, 3T jauh semakin penting untuk dilakukan, agar kita bisa mapping. Petanya seperti apa, penyebarannya ada dimana dan jumlahnya berapa,” ujarnya.

Ganjar juga berharap pemkab dan pemkot tidak perlu takut, jika setelah ditesting daerahnya diketahui berzona merah. Justru, nantinya hasil itu bisa menjadikan pemkab dan pemkot semakin serius untuk mengambil keputusan.

Bahkan, Ganjar juga meminta seluruh pemkab maupun pemkot melakukan 3T lebih tinggi dibanding rata-rata WHO. Bila perlu, praktik di lapangan bisa melibatkan TNI Polri yang telah mendapat pelatihan.

“Kalau pemkab atau pemkot kewalahan, bisa minta bantuan. Ada petugas-petugas dari TNI Polri yang sudah terlatih untuk itu. Tinggal koordinasikan dengan Dandim atau Kapolres, lalu gaspol,” ucapnya. (T03-red)

BERITA LAINNYA